Mi Kocok SKM Nikmat Dari Bandung

Entertainment / 1 July 2009

Kalangan Sendiri

Mi Kocok SKM Nikmat Dari Bandung

Tammy Official Writer
7947
\"MieDi kota Bandung, ada satu lagi makanan khas yang patut dicoba, yaitu mi kocok Bandung. Makanan ini memang hanya ada di Kota Kembang. Kalau pun ada di daerah lain, seperti di Medan, resepnya pasti berbeda. Mi kocok khas Bandung terdiri atas mi kuning gepeng, tauge, dan kikil, yang disiram dengan kuah kaldu sapi serta ditaburi seledri dan bawang goreng. Enaknya disantap panas-panas, apalagi saat hujan atau udara dingin.

Sejak 1970-an
Jika orang Bandung, mi kocok mana yang paling enak, salah satu jawabannya pasti Mih Kocok SKM atau juga dikenal dengan Mi Kocok Sunda. Nama SKM diambil dari nama pendirinya Sukirman, yang kini sudah meninggal dunia. Menurut Hj. Jasih, istri Sukirman yang kini mengelola warung mi kocoknya bersama sang anak, Mih Kocok SKM mulai dirintis pada tahun 70-an.

Awalnya, warung ini hanya gerobak tenda yang mangkal di pinggir Jalan Sunda. Selanjutnya, pada tahun 80-an pindah ke rumah baru di seberang tempat asalnya, tepatnya di Jalan Sunda No. 38, yang juga menjadi tempat tinggal keluarga Sukirman. Bagian depan rumah yang cukup besar ini sengaja dijadikan tempat makan sederhana yang bisa menampung sekitar 40 orang.

Bagaimana menuju ke Mih Kocok SKM? Dari simpang lima Gatot Subroto, ambil arah Jalan Sunda. Setelah bertemu perempatan Veteran, lurus sedikit akan bertemu sungai kecil, dan tepat di pinggir jembatan sebelah kanan akan terlihat spanduk besar berwarna kuning bertuliskan Mih Kocok SKM. Jika dari Jalan Veteran berarti tinggal belok kiri sedikit. Tempat ini tidak bisa dijangkau dari arah yang berlawanan karena jalannya hanya bisa dilalui dari satu arah.

Kikil Sapi Istimewa
\"MieMi kocok ini terkenal lantaran rasanya yang khas. Kikil sapinya spesial karena diambil dari kulit kaki sapi yang masih segar. Kaki sapi direbus hingga kulitnya benar-benar lunak dan memisah dari tulangnya. Racikan bumbunya yang khas membuat membuat aroma kikilnya menjadi harum. Bagi yang tidak suka kikil lantaran baunya yang agak menyengat, di sini pasti akan merasakan sensasi yang berbeda. Kuah kaldunya bening, tanpa lemak, karena berasal dari rebusan kaki sapi. Mantab abis deh...! Apalagi jika ditambah sambal dan kecap, makin siip...!

Menurut Hj. Jasih, Mih Kocok SKM kini memang tidak seramai dulu yang bisa menghabiskan 30 kg mi dalam sehari. Mungkin karena sudah bersaing dengan beragam makanan lain yang banyak muncul di Kota Bandung. Namun, mi kocok ini tetap memiliki penggemar yang setia. Tidak hanya masyarakat Bandung, tapi pengunjung dari luar kota pun banyak yang menyempatkan datang ke sini jika kebetulan sedang berkunjung ke Bandung.

Soal harga, tidak usah khawatir. Cukup merogoh kocek Rp10.000, kita sudah bisa menikmati semangkuk mi kocok Bandung yang sedap. Selain berjualan di depotnya dari pukul 09.00-21.00, Mih Kocok SKM juga melayani pesanan untuk acara-acara pesta seperti pernikahan. Anda berminat?

MIH KOCOK SKM
Jl. Sunda No. 38, Bandung
Telepon: (022) 4201582
Jam buka: 09.00-21.00
Kisaran harga: Rp 10.000 per porsi


Sumber : Agromedia
Halaman :
1

Ikuti Kami