Seimbang Antara kerja Dan Kehidupan Pribadi

Career / 30 June 2009

Kalangan Sendiri

Seimbang Antara kerja Dan Kehidupan Pribadi

agnes.faith Official Writer
2596

Segera beristirahat

Seperti banyak pekerja lainnya, pasti Anda tak asing lagi dengan kerja lembur. Berapapun jumlah waktu kerja Andadalam sehari, mulailah dengan menguranginya selama tiga puluh menit. Dengan hanya mengurangi waktu kerja selama tiga puluh menit, Anda takkan perlu merasa bahwa pekerjaan Anda akan terbengkalai lantaran terlalu lama berhenti bekerja.

Lantas apa yang sebaiknya Anda lakukan dalam tiga puluh menit selepas kerja? Lakukan sesuatu bagi diri Anda sendiri. biarkan pikiran Anda bebas dan jangan mengkuatirkan pekeejaan Anda sedikitpun. Nantinya secara keseluruhan Anda bisa menjadi lebih produktif lantaran sudah mengisi ulang energi.

Diakhir pekan, luangkan waktu bagi diri Anda sendiri untuk berpikir. Namun apa yang Anda sbaiknya pikirkan bukanlah apa yang semestinya Anda pikirkan. Bukan tentang anak-anak, pasangan, tagihan atau masalah lainnya. Yang mesti Anda pikirkan adalah diri Anda sendiri.

Buat rencana

Nilai-nilai apa yang saat ini Anda anggap lebih penting? Usahakanlah sesuatu dari sini. Banyak orang menemukan arti hidup yang sesungguhnya dengan mengusahakan nilai-nilai yang mereka anggap penting.

Setelah itu lihat dalam daftar yang berisi tujuan-tujuan yang ingin Anda capai. Pilih tujuan yang ingin Anda rauh secara personal maupun professional untuk segera diwujudkan. Tuliskan juga apa-apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Buat rencana yang berisikan langkah-langkah untuk mencapai tujuan ini.

Rencana belum bisa dibuat jika Anda tak mengetahui halangan-halangan apa yang akan Anda hadapi nantinya dalam usaha untuk mencapai tujuan. Ketahuilah halangan-halangan yang mungkin merintangi jalan Anda dan temukan cara untuk mengurangi ataupun menghilangkan hal-hal yang tak Anda inginkan.

Keseimbangan tidak bisa datang begitu saja dengan mudah. Sekali Anda mendapatkannya, Anda harus terus berusaha untuk mempertahankan keseimbangan itu. identifikasi pula apa yang ingin Anda lakukan dalam enam bulan atau enam tahun berikutnya. Dengan mengidentifikasi tujuan-tujuan dalam jangka yang lebih panjang, Anda dapat mulai merencanakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan dalam waktu yang lebih lama.

Setelah membuat tujuan dan erncana untuk mendapatkannya, Anda mulai dapat menilai diri sendiri, dengan melihat kesesuaian antara apa yang ada dalam rencana. Sejauh manakah keseimbangan yang sudah Anda miliki saat ini? Coba periksa.

Sumber : lisa magazine
Halaman :
1

Ikuti Kami