Hati Nurani, Kompas Kehidupan Manusia

Kata Alkitab / 26 June 2009

Kalangan Sendiri

Hati Nurani, Kompas Kehidupan Manusia

Puji Astuti Official Writer
5734

Tuhan merencanakan agar kehidupan setiap orang supaya setiap hari naik selangkah lebih tinggi. Tetapi berapa langkah kita naik dalam kehidupan? seberapa banyak berkat dan kemurahannya kita terima? hal tersebut berhubungan langsung dengan seberapa baikkah kita mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikannya.

Setiap hari Tuhan berbicara dengan kita untuk memberi petunjuk agar kita mengalami kehidupan yang lebih baik. Hal-hal apa yang harus diperbaiki, apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan, semua Dia nyatakan yang bertujuan agar orang-orang yang dikasihinya bertumbuh di dalam Dia.

Tuhan bukanlah pribadi yang pendiam, Dia senang berbicara dengan umatNya. Dia senang berbicara dengan Anda. Apakah Anda mendengar Dia berbicara? Dia seringkali berbicara kepada Anda dengan lembut melalui hati nurani Anda.

Banyak kali orang tidak mau taat dan percaya pada suara Tuhan yang berbicara dengan lembut melalui hati nurani mereka yang akhirnya membawa mereka pada masalah rumah tangga, masalah keuangan, atau masalah karier mereka.

Sebuah kebenaran yang begitu luar biasa dari mengdengar suara Tuhan adalah: Setiap kali Anda patuh, suatu berkat mengikuti.

Tuhan memberikan kepada manusia kehendak bebas. Dia tidak pernah memaksa seseorang untuk mengikuti kemauan-Nya. Dia memberikan pilihan bagi manusia, taat atau mengikuti jalannya sendiri.

Akan lebih mudah bagi Anda nanti jika Anda taat pada suara-Nya hari ini sehingga Anda tidak perlu menanggung konsekuensi dari sebuah ketidaktaatan. Ketika Tuhan bicara melalui hati nurani Anda, lakukanlah. Ketika Dia meminta Anda membereskan suatu permasalahan, taatilah. Jangan melakukan penundaan, karena semakin di tunda akan semakin sukar untuk dilakukan.

Ingatlah, bahwa apapun yang Tuhan minta dari Anda untuk Anda lakukan adalah untuk keuntungan Anda. Itu dilakukan supaya akhirnya Ia bisa memberikan lebih banyak kemurahan kedalam hidup Anda.

Lagi pula, Tuhan tidak pernah meminta Anda melakukan sesuatu yang Anda tidak bisa. Dia selalu memberikan anugrah kepada kita untuk melakukan kehendaknya. Jika Tuhan berbicara kepada Anda untuk mengampuni, Dia akan mengalirkan kasih dan anugrah untuk bisa mengampuni. Anda hanya perlu bertindak dengan iman, lalu selebihnya ijinkan Tuhan berkarya dalam hidup Anda.

Hati nurani itu ibarat kompas jiwa, sebuah petunjuk yang akan menuntun Anda kearah yang Allah mau. Hati nurani itu ibarat alarm bahaya, yang memberi peringatan ketika sesuatu akan menghancurkan hidup Anda. Hati nurani itu ibarat sebuah handphone dimana Allah langsung tersambung dengan Anda untuk menyatakan kehendaknya. Untuk itu, jagalah hati nurani Anda bersih dan murni sehingga dapat terus peka pada arahan Tuhan.

Halaman :
1

Ikuti Kami