6 Kunci Bijak Dalam Membelanjakan Uang

Investment / 23 June 2009

Kalangan Sendiri

6 Kunci Bijak Dalam Membelanjakan Uang

Budhi Marpaung Official Writer
3321

Salah satu kelemahan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang sudah berkeluarga biasanya adalah berkaitan dengan membelanjakan/mengeluarkan uang. Apabila hal ini tidak dapat dicarikan solusinya bisa-bisa Anda dan pasangan bisa sering ribut akibat pengeluaran yang besar dan tidak jelas perginya kemana.

Tips yang ditujukan bagi orang yang sudah berkeluarga ini bukan berarti tidak dapat diterapkan bagi Anda yang masih single atau masih dalam masa pacaran saat ini. Ada beberapa hal yang bisa Anda ambil dan bawa itu dalam kehidupan keuangan secara pribadi khususnya kaitannya dengan membelanjakan uang Anda.

1. Jujurlah dalam komunikasi Anda. Salah satu hal yang paling penting dilakukan saat Anda telah hidup berpasangan adalah komunikasikan segala sesuatunya. Untuk kali ini, yang perlu terbuka adalah berkomunikasilah secara jujur dengan pasangan Anda mengenai keuangan Anda. Dengan berkomunikasi, Anda berdua dapat mengevaluasi dan mencari jalan keluar atas masalah keuangan tersebut.

2. Telitilah dalam persiapan Anda. Ketika Anda dan pasangan membuat perencanaan dalam seminggu ke depan atau dapat juga sebulan ke depan, mulailah memperinci setiap hal yang akan Anda beli atau memerlukan uang. Sebagai contoh: dalam perencanaan, Anda membuat di daftar perencanaan keuangan, dana untuk ulang tahun. Dana ulang tahun ini sebaiknya Anda sudah rinci mengenai kado apa yang akan berikan dan kepada siapa. Buatlah sespesifik mungkin.

3. Ubahlah gaya hidup Anda. Mengubah gaya hidup disini bukanlah menjadikan Anda menjadi "tidak gaul" atau "kuno", tetapi yang ditekankan adalah sesuaikan kehidupan gaya Anda dengan kondisi keuangan Anda saat ini. Sesekali mengeluarkan uang untuk berbelanja pakaian diperbolehkan apabila dana yang Anda miliki juga cukup.

4. Konsistenlah dalam mengawasi keuangan Anda. Hal keempat ini adalah hal yang terkadang sulit untuk dilakukan karena hal ini membutuhkan keteguhan dari orang tersebut. Bagi beberapa orang, menggunakan amplop-amplop khusus untuk dana yang akan dikeluarkan cukup ampuh agar membuat Anda tetap dalam perencanaan yang dibuat.

5. Disiplinlah dalam menggunakan uang Anda sesuai dengan batas yang telah Anda sepakati sebelumnya. Membuat amplop-amplop sebenarnya adalah langkah untuk memproteksi tips kelima ini. Tidak hanya itu, hal ini membuat Anda juga fleksibel. Sebagai contoh: Anda membuat sepuluh amplop sesuai dengan hal penggunaannya. Jika salah satu amplop tersebut sudah tidak terdapat uang padahal Anda harus mengeluarkan biaya untuk kesehatan, maka Anda dapat mengambil uang di amplop-amplop yang lain yang masih tersisa untuk membiayai pengeluaran kesehatan tersebut.

6. Jadilah pasangan yang menguntungkan. Hal ini sangatlah diperlukan karena apabila salah satu ada yang tidak bisa menjalankan perencanaan keuangan yang telah Anda sepakati maka hasilnya Anda akan terus berada dalam masalah keuangan yang sama bahkan bisa lebih parah lagi. Oleh karena itu, jadilah orang yang saling memberikan dukungan positif bagi pasangan.

Akhir dari tulisan ini, saya tutup dengan ucapkan selamat menerapkan 6 kunci diatas dalam kehidupan keuangan Anda dan keluarga masing-masing!! Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : www.christian-life-advisor.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami