Rokok Lebih Populer dari Telur

Gizi & Nutrisi / 18 June 2009

Kalangan Sendiri

Rokok Lebih Populer dari Telur

Lestari99 Official Writer
3530

\"\"Banyak orang yang mengaku senang makan telur. Tapi pada kenyataannya konsumsi telur masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Menurut survei yang dilakukan Balai Penelitian Ternak tahun 2008, konsumsi telur di Indonesia hanya 75 butir per tahun per kapita. Di negara maju konsumsi telur sudah mencapai 330 butir per kapita per tahun atau hampir satu butir perhari.

Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia saat ini berada di peringkat terbawah kedua setelah Vietnam dalam konsumsi telur. Jika keadaan ini berlanjut mungkin peringkat tersebut dapat tergeser menjadi paling akhir.

"Masyarakat harus diberikan informasi mengenai pentingnya mengkonsumsi telur karena mengandung protein yang tinggi, " kata Ketua Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia Desianto Budi Utomo di Balai Penelitian Ternak (Balitnak).

Budi menjelaskan, informasi mengenai telur dan manfaat yang ada dalam telur masih terbilang sedikit. Padahal dalam satu butir telur setara dengan 30 gram daging unggas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari.  

Berdasarkan hasil survei secara nasional yang dikeluarkan Departeman Pertanian, dalam sebuah keluarga anggaran konsumsi rokok justru jauh lebih besar dibanding dengan konsumsi telur setiap harinya. Karena itu, kampanye mengenai konsumsi telur perlu ditingkatkan. "Selain meningkatkan gizi, telur dapat meningkatkan kecerdasan bagi anak-anak, " ujar Budi.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami