5 Langkah Lebih Percaya Diri

Investment / 12 June 2009

Kalangan Sendiri

5 Langkah Lebih Percaya Diri

Budhi Marpaung Official Writer
3043

Kepercayaan diri adalah sebuah hal penting di dalam kehidupan manusia. Kehidupan sosial manusia mengharuskan seperti itu. Ketidakpercayaan diri membuat seseorang menjadi begitu sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Rasa percaya diri tidak hanya harus dimiliki oleh seseorang yang memiliki jabatan tinggi dalam suatu perusahaan atau pun para pemimpin organisasi-organisasi. Semua orang pun memilikinya. Apalagi bagi Anda yang saat ini mengalami permasalahan dalam pekerjaan atau usaha yang akibatnya adalah pemasukan Anda pun menjadi tidak maksimal.

Memang faktor Tuhan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, tetapi Anda juga harus tahu manusia juga harus berusaha dan memiliki tekad untuk berubah menjadi percaya diri. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan di dalam kehidupan pribadi Anda.

1. Lakukan Sesuatu Yang Membutuhkan Keputusan Dan Tindakan. Keberanian mengambil keputusan harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk Anda. Rasa ragu-ragu harus Anda buang dalam diri Anda. Anda tidak akan pernah maksimal dalam setiap bidang kehidupan Anda apabila Anda tidak mencoba untuk melakukan sesuatu yang membutuhkan keputusan dan tindakan Anda.

2. Nikmati Hal Yang Anda Kerjakan Dengan Bagus. Sekurang percaya dirinya seseorang pasti memiliki aktivitas yang disenanginya, mungkin berkaitan dengan hobi. Lakukan hobi Anda tersebut untuk membangkitkan rasa percaya diri Anda. Terus lakukan sampai Anda merasa kompeten dan mampu melakukan dengan baik. Jika tidak ada hobi khusus yang Anda suka, lakukan sesuatu yang belum pernah Anda coba tetapi Anda ingin melakukannya. Temukan kebahagiaan ketika Anda melakukannya.

3. Ganti Fokus. Ubah fokus Anda dari diri sendiri menjadi fokus kepada hal atau orang lain. Jika Anda sedang bertemu dengan orang lain, fokuslah kepada yang Anda temui bukan diri Anda. Saat Anda melakukannya sebenarnya Anda sedang mengurangi ketidakpercayaan diri Anda bahkan benar-benar membuat Anda sangat mudah untuk berinteraksi dengan orang lain.

4. Bersikap Rileks. Bersikap rileks sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan pribadi Anda. Temukan metode rileks yang paling enak Anda lakukan. Namun, sebagai rambunya,sebisa metode rileks yang akan diambil tidak bertentangan dengan kebenaran firman Tuhan. Anda harus ada beberapa metode yang ditawarkan dunia ini yang masih menjadi problematikan di dalam dunia kekristenan.

5. Buat Daftar Hal Yang Anda Kuasai. Anda pasti memiliki paling tidak satu hal yang paling Anda kuasai. Buatlah daftar kecil akan hal-hal tersebut. Jangan mematok hal yang Anda kuasai adalah hal-hal yang besar. Hal-hal sederhana seperti lulus ujian mengemudi atau bisa memasak masakan yang sedikit sulit pengolahannya. Mengetahui banyak hal yang Anda kuasai akan membuat Anda menyadari akan apa yang telah Anda capai.

Kelima tips diatas bisa Anda tambahkan dengan hal-hal lain yang menurut Anda diperlukan agar membangkitkan bahkan memperkuat rasa percaya diri Anda. Paradigma yang benar akan diri Anda akan sangat membantu setiap bidang kehidupan Anda. Tidak perlu takut lagi akan kehilangan pendapatan atau mengatur keuangan karena rasa kurang percaya diri Anda. Katakan "tidak" kepada ketidak percayaan diri Anda saat ini.

Sumber : karir-up.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami