Menilai Pengasuh Anak

Parenting / 10 June 2009

Kalangan Sendiri

Menilai Pengasuh Anak

agnes.faith Official Writer
2849

Selama Anda di kantor, mungkin berulang kali pikiran Anda melayang ke rumah. Apakah si kecil baik-baik saja? Bisa tidak suster dipercaya?

Untuk mengurangi kekuatiran Anda, cobalah mencermati hal-hal berikut:

Ajak si kecil berbicara

Obrolan biasa di rumah bersama si kecil bisa memberikan sinyal. Anda mungkin bisa bertanya padanya, "Adik ngapain aja dirumah? Main kemana aja? Nangis gak tadi?" untuk si bayi, perhatikan apakah dia lebih sulit ketika Anda harus berpisah dengannya saat berangkat ke kantor

Amati saat si kecil bersama pengasuhnya

Bahkan bayi pun akan tersenyum dan langsung merangkak menghampiri bila dia menyukai seseoarng. Bila anak Anda sedang ngambek atau menolak, bisakah si pegasuh membujuknya? Bagaimana dengan kejujurannya, apakah dia berterus terang jika terjadi sesuatu dengan anak Anda? termasuk bila si kecil susah makan hari itu. apakah dia hanya sebatas melapor tanpa berusaha memecahkan masalah lebih dulu?

Catat perkembangan si kecil

Bila anak tak bahagia, besar kemungkinan mereka bisa mengalami kemunduran. Kalau si kecil sudah bisa pipis sendiri di toilet tapi sekarang tiba-tiba sering ngompol di celana, mungkin saja dia sedang mengalami masa-masa sulit.

Perhatikan perilaku si kecil

Apakah bayi Anda lebih rewel daripada sebelumnya? Bila hal itu berlangsung terus menerus selama minggu-minggu berikutnya, Anda mungkin harus berbuat sesuatu, termasuk mengganti suster bila perlu. Perbedaan signifikan yang terjadi pada kebiasaan makan, tidur dan tingkah laku di luar kebiasaan juga mensinyalkan adanya masalah.

Sumber : parenting/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami