Soto Khas Bandung: Soto M. Tarya!

Entertainment / 10 June 2009

Kalangan Sendiri

Soto Khas Bandung: Soto M. Tarya!

Tammy Official Writer
4888
\"SotoSeperti halnya daerah lain, Bandung juga memiliki masakan soto yang khas. Namanya soto bandung. Namun, bahan dasar yang digunakan sedikit berbeda dari soto pada umumnya, yakni menggunakan lobak. Kalau biasanya soto bersantan, soto bandung malah berkuah bening. Soto Bandung M. Tarya contohnya. Kedai soto ini ternyata sudah ada sejak tahun 1950-an.

Dari Bahan-bahan Terbaik
Beberapa orang mengaku enggan menyantap soto bandung karena rasa pahit yang diakibatkan oleh lobaknya. Namun, kini Anda harus mengakui kalau soto bandung itu memang enak, karena di warung soto bandung M. Tarya Anda akan menemukan cita rasa sebenarnya dari soto bandung. Benar-benar gurih dan segar.

Warung yang sekarang telah dikelola oleh generasi ketiga ini menawarkan rasa yang selalu terjaga. Pasalnya, racikan soto yang dihidangkan selama ini dibuat berdasarkan resep asli keluarga, sehingga berbeda dengan soto bandung lainnya. Takaran kecap yang dipakai pun pas dan menyatu dengan rempah-rempahnya. Alhasil, tanpa penambahan bumbu pun, seperti garam atau penyedap rasa, cita rasa yang ditawarkan ke lidah sangat klop. Menurut pemiliknya, Ibu Hj. Atikah, kualitas rasa Soto Bandung M. Tarya selalu dijaga dengan baik. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan pilihan, alias nomor satu. Semua bahan dijamin fresh dan langsung dimasak. Dengan cara ini, rasa Soto Bandung M. Tarya tetap konsisten.

Ternyata, untuk mencegah rasa langu dan pahit dari lobak, warung soto ini punya trik tersendiri. Sebelum lobak dimasak, ada serangkaian proses yang harus dilewati. Satu lagi yang khas dari soto bandung, yakni taburan kedelai goring yang gurih. Daging yang digunakan pun adalah daging pilihan, yakni daging sapi bagian paha (sengkel). Hasilnya, sebuah paduan rasa yang pas dan lezat.

Anda bisa memesan soto bandung secara terpisah atau langsung dicampur dengan nasi. Soal harga, untuk satu porsi soto bandung M. Tarya tanpa nasi senilai Rp 13.000, sedangkan bila disantap dengan nasi perlu tambahan Rp2.000. Sebagai pelengkapnya, di meja Anda pun akan dihidangkan menu pelengkap berupa paru sapi goreng, telur asin, tempe dan tahu goreng, serta perkedel. Selain menu utama soto bandung, kedai ini juga menyediakan nasi timbel komplet, mi tek-tek, dan sup kaki.

Hampir setiap hari, kedai Soto Bandung M. Tarya ramai pembeli, terutama saat makan siang. Maklum, kedai yang buka pukul 08.00-21.00 WIB ini terletak di daerah sekitar perkantoran. Pada akhir pekan dan hari libur, kedai yang berkapasitas 30-40 orang ini ramai dikunjungi pembeli dari luar Kota Bandung, seperti Jakarta dan Surabaya. Jadi tunggu apa lagi, kalau Anda berada di Bandung, sempatkan diri untuk mencoba soto khas bandung racikan keluarga M. Tarya.

SOTO BANDUNG M. TARYA
Jl. Mohamad Ramdan No. 85, Bandung.
Telepon (022) 5211020
Jam buka: 08.00 - 21.00
Kapasitas tempat duduk: 30 - 40 orang
Kisaran harga: Rp2.000 - Rp15.000


Sumber : Agromedia
Halaman :
1

Ikuti Kami