Kiat-Kiat Memajukan Usaha Cargo

Career / 9 June 2009

Kalangan Sendiri

Kiat-Kiat Memajukan Usaha Cargo

agnes.faith Official Writer
2621

Kargo dalam negri, pelayanan antar pulau merupakan peluang yang sangat menjanjikan karena tidak banyak kapal antar pulau yang melayani jasa antar barang dimana banyak panen dan produksi sukar keluar dari daerah sehingga pengusaha cargo perlu memusatkan kegiatan di daerah terdekat.

Fokus pada jenis pelayanan usaha, apakah mau menggarap pasar peroarangan atau skala perusahaan. Lalu berikan diskon pada hari yang beban pengiriman rendah, tetapi juga harus cermat dalam menghitung terutama untuk pengiriman cargo yang menggunakan container. Karena pada hari beban rendah, justru harus menunggu container penuh dan bila dikirm dalam ukuran kecil bahkan bisa lebih mahal.

Berikan pelayanan terbaik pada pelanggan lama sehingga akan ada repeat order. Karena mencari pelanggan baru biayanya berlipat dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan lama. Contohnya bila pembeli berhenti, temuilah dan tanyakan mengapa berhenti. Bila sudah diketahui penyebabnya perlu dipikiran kompensasinya. Bila terjadi keterlambatan harus diberitahukan lebih awal sehingga ada langkah antisipatif.

Jangan terlalu fokus pada persaingan harga sehingga peningkatan layanan lebih diutamakan daripada bersaing harga. Karena persaingan harga dibawah harga normal cenderung berdampak menurunnya mutu. Layanan yang baik dengan harga yang tinggi justru lebih diutamakan.

Buatlah paket baru dalam pelayanan dengan layanan khusus dan inovasi. Dan tetaplah mencari pengsa pasar yang baru dan pelanggan yang baru.

Sumber : Peluang usaha
Halaman :
1

Ikuti Kami