Pakistan Selamatkan Para Pelajar yang Diculik

Nasional / 3 June 2009

Kalangan Sendiri

Pakistan Selamatkan Para Pelajar yang Diculik

Lestari99 Official Writer
3301

Militer Pakistan menyatakan telah membebaskan lusinan pelajar yang diculik oleh pemberontak di kawasan Barat Laut negara itu. Sejumlah bis membawa pelajar yang dilaporkan hilang di sebuah kawasan dekat perbatasan Afghanistan pada Senin kemarin. Juru bicara Militer mengatakan sekitar 80 pelajar dan guru telah dibebaskan. Pejabat Pakistan menyakini milisi Taliban mencoba mengalihkan perhatian dari serangan militer jauh ke kawasan Utara.

'Pria bersenjata'

Mayjen Athar Abbas, juru bicara militer Pakistan mengatakan baku tembak antara tentara dengan milisi terjadi saat membebaskan sandera pelajar di selatan Waziristan.

"Milisi yang menyamar berhasil melarikan diri dan kami berhasil membebaskan semua pelajar tersebut."

Tidak jelas berapa orang yang berhasil ditangkap Senin kemarin karena sejumlah laporan dari wilayah kekerasan sangat sulit diverifikasi. Laporan menyebutkan sebuah konvoi sekitar 30 bus membawa para pelajar meninggalkan Sekolah Razmak Cadet College di utara Waziristan sekitar kota Bannu, tapi hanya dua yang sampai. Saksi yang berhasil melepaskan diri mengatakan mereka dihentikan oleh kelompok pria bersenjata.

Tentara Pakistan saat ini tengah bertempur dengan pemberontak di lembah Swat, mendorong militansi ke kawasan utara kota Mingora, yang kini dalam penguasaan penuh pemerintah. Otoritas mengatakan lebih dari 1,200 pemberontak dan sekitar 90 tentara tewas sejak operasi militer berlangsung di wilayah ini sejak 6 minggu lalu.

Dalam beberapa hari belakangan kekerasan terus meningkat di wilayah persukuan di sekitar perbatasan Afghanistan.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami