Jembatan Suramadu, Jembatan Rekonsiliasi

Nasional / 1 June 2009

Kalangan Sendiri

Jembatan Suramadu, Jembatan Rekonsiliasi

Puji Astuti Official Writer
3157

Sesepuh Masyarakat Jawa Timur dan mantan Gubernur Jatim, HM Noer (Pak Noer), meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengundang mantan Presiden Megawati, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Habibie pada peresmian Jembatan Suramadu, 10 Juni 2009

"Saya mohon dengan sangat, mereka diundang karena mereka terlibat dalam terwujudnya Suramadu. Pak Habibie yang melanjutkan Keppres 55/1990 dari Pak Harto dengan membuat desain, Bu Megawati yang pertama kali memancangkan tiang pancang, dan Gus Dur yang melapangkan pembangunannya," katanya di Surabaya, Senin.

Permintaan ini disampaikan tokoh Jatim ini setelah bertemu dengan Dewan Pembangunan Madura yang diketuai Muhammad Zaini dan salah satunya beranggotakan Ali Badri dan Hood Assegaf.

Ketua Dewan Pembina DPM itu menilai Suramadu harus menjadi jembatan rekonsiliasi sehingga seluruh mantan Gubernur Jatim harus diundang, termasuk tokoh-tokoh Madura seluruh Indonesia.

"SBY harus mengundang semua mantan presiden, mantan Gubernur Jatim, dan semua tokoh Madura yang berperan, seperti jenderal-jenderal yang ada di Jakarta," katanya.

Noer lalu mengisahkan perjuangan panjang mewujudkan Jembatan Suramadu mulai dari impian pada 1950-an saat dia masih menjadi pamong di Bangkalan hingga ketika dia menemui sejumlah presiden dari Soeharto sampai Yudhoyono.

"Karena itu, saya bangga diberi kesempatan untuk melintasi Jembatan Suramadu untuk pertama kalinya pada 26 Mei 2009 sebelum peresmian. Saya melintasi dengan keluarga dari Surabaya ke Madura," katanya.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami