Dipakai Secara Luar Biasa

Kata Alkitab / 29 May 2009

Kalangan Sendiri

Dipakai Secara Luar Biasa

Lestari99 Official Writer
5208
Lukas 1:38
Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

Mengapa Allah memilih Maria dari semua wanita? Bukan karena pendidikannya, karena Maria tidak memilikinya. Bukan karena kekayaannya, karena Maria miskin. Bukan juga karena kedewasaannya, karena Maria hanya berumur belasan tahun. Yang membuat Maria sangat spesial justru karena dia ‘biasa-biasa' saja. Allah mengambil seorang wanita yang biasa-biasa saja dan memakai dia dengan cara yang luar biasa.

Ketika malaikat Gabriel pertama kali menampakkan diri pada Maria untuk memberitahukan kehamilannya, Maria sangat terkejut, bingung, dan mungkin takut setengah mati. Yang ada dalam pikirannya adalah ketakutan akan kritik: "Apa yang akan dipikirkan oleh orang-orang?" Ada ketakutan akan hal supernatural: "Apa yang akan terjadi pada tubuhku?" Ada ketakutan akan ketidakmampuannya: "Bagaimana aku dapat mengatasi hal ini?"

Ada juga ketakutan akan adanya perubahan: "Bagaimana hal ini akan mengacaukan masa depanku?" Segala macam ketakutan ini mempunyai potensi untuk melumpuhkan kehidupan dan tujuan Anda di dalam Tuhan. Maria mempunyai banyak ketakutan dan pertimbangan. Tetapi meskipun takut, dia memilih untuk mempercayai Allah. Iman bukan berarti tidak ada ketakutan.

Pada kenyataannya, iman tidak akan menjadi iman tanpa adanya ketakutan dan keraguan. Maria juga punya ketakutan-ketakutan, tetapi dia tidak membiarkan hal tersebut mengendalikan dirinya. Sebaliknya dia menjadi teladan dari tiga hal yang harus kita miliki dalam kehidupan ini kalau kita ingin dipakai oleh Tuhan. Jika Anda membangun ketiga hal ini dalam kehidupan Anda, maka Anda akan menemukan bahwa Tuhan bisa memakai Anda lebih dari yang Anda duga.

1. Tuhan memakai orang yang INGIN melakukan KEHENDAK-Nya

Kalau Anda ingin lebih dipakai oleh Tuhan, Anda harus ingin melakukan kehendak-Nya lebih dari hal-hal lain. Tuhan punya rencana spesial buat Anda, tetapi hal itu tidak akan terjadi secara otomatis. Anda harus memilih untuk bekerjasama dengan tujuan Tuhan dalam kehidupan Anda atau Anda akan kehilangan hal tersebut. Ada dua sikap yang Maria tunjukkan dengan jelas bahwa dia ingin dipakai oleh Tuhan. Inilah juga hal-hal yang perlu kita miliki :

a. Antusias

Lukas 1:46-47 Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku.

Dia tidak hanya menyeringgai atau tersenyum kecil, dia bernyanyi! Tidak ada hal besar terjadi tanpa antusiasme. Tuhan ingin Anda antusias untuk berpartisipasi dalam rencana-Nya.

b. Kerendahan hati

Maria berkata.... Lukas 1:48 Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya (Maria memahami hal ini).

Tuhan bekerja dalam kehidupan kita dan memberkati kita karena Dia menginginkannya, bukan karena kita layak untuk menerimanya. Kita menunjukkan pada Tuhan bahwa kita ingin melakukan kehendak-Nya waktu kita rendah hati.

2. Tuhan memakai orang yang MEMUTUSKAN untuk mau membayar HARGA-nya

Lukas 1:38 Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan...

Maria siap melakukan apapun juga - berapa pun juga harga yang harus dia bayar. Tuhan mengetahui hal itu. Itulah salah satu alasan mengapa dia bisa dipakai Tuhan dengan luar biasa. Bagi Maria, menjadi ibu dari Juruselamat membahayakan reputasi, kenyamanan dan bahkan mungkin hidup Maria. Kehamilannya, yang terlihat di luar pernikahan, dapat menyebabkan hukuman mati atas tuduhan imoralitas seksual. Tetapi, di dalam pikiran Maria, tidak ada harga yang terlalu mahal untuk melakukan kehendak Allah!

3. Tuhan memakai orang yang BERANI percaya pada janji-Nya

Salah satu alasan Tuhan tidak  mengerjakan mukjizat dalam kehidupan seseorang adalah karena mungkin mereka tidak mengharapkan Tuhan melakukan itu. Mereka mau "bermain aman" dalam hal rohani. Tuhan memakai orang-orang yang berani percaya pada janji-Nya. Maria punya semua alasan untuk kuatir. Dia harus memikul tanggung jawab besar. Tetapi bukannya kuatir, Maria menyembah. Bahkan dia menyanyikan sebuah lagu penyembahan bagi Tuhan dalam Lukas 1. Mengapa? Karena dia berani untuk mempercayai janji Tuhan.

Lukas 1:38  Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu."

KESIMPULAN

Jika Tuhan bisa memakai seorang gadis remaja, gadis desa sederhana, tanpa pendidikan untuk bisa menjadi ibu Yesus Kristus, apa Anda pikir Tuhan tidak bisa memakai Anda? Banyak di antara Anda memiliki potensi rohani yang luar biasa, tetapi Anda tidak menyadarinya. Tuhan telah memberi Anda karunia rohani, semangat, kemampuan, kepribadian dan pengalaman. Tuhan tidak maksudkan semuanya itu hanya untuk Anda gunakan bagi diri sendiri. Suatu hari Anda harus berdiri di hadapan tahta Tuhan dan Dia akan berkata, "Apa yang telah kau lakukan dengan segala yang telah Kuberikan padamu?" Apa jawaban Anda nanti? Apa yang akan Anda beri? Biarlah kita boleh menyerahkan diri kita untuk dipakai Allah secara luar biasa.

Halaman :
1

Ikuti Kami