Pendeta Dipecat Karena Penganiayaan

Nasional / 28 May 2009

Kalangan Sendiri

Pendeta Dipecat Karena Penganiayaan

Puji Astuti Official Writer
4122

Gereja Ortohodox Serbia telah memecat seorang pendetanya yang menangani pusat rehabilitasi pengguna obat bius setelah muncul dalam sebuah video yang memperlihatkan pendeta itu memukuli dan menendang pasien di pusat rehabilitasi itu.

Uskup Artemije, yang bertanggung jawab atas keuskupan Rasko-Prizrenska mengatakan bahwa dirinya memerintahkan penyelidikan atas aktivitas pendeta Branislav Peranovic di Crna Reka Center, yang berada sekitar 300 kilometer dari pusat kota Belgrade.

 "Kami akan menutup fasilitas tersebut jika leporan mengenai pemukulan dan kekerasan tersebut terbukti," demikian ungkap Bishop Artemije.

Uskup tersebut memutuskan menutup tempat tersebut setelah adanya banyak laporan dari pasien dan orangtua pasien yang melaporkan adanya penganiayaan disana.

"Kami juga meminta pihak berwajib untuk membuat penyelidikan tentang hal ini dan menghukum orang yang bertanggung jawab atas hal tersebut," tambahnya.

Minggu lalu, Sinode Kudus, organisasi tertinggi gereja tersebut meminta Artemije untuk menutup fasilitas yang menampung sekitar 200 pasien itu.

Dari dua video dipublikasikan oleh Belgrade Vreme dan B92 TV menunjukkan salah satu pegawai pusat rehab tersebut dan juga Peranovic sedang memukuli pasien berulang kali dengan sekop, serta menendang dan memukuli mereka di sebuah ruangan.

Pemerhati hak azasi manusia dari pihak pemerintah Sasa Jankovic telah membuat tuntutan tindakan criminal kepada pusat rehab itu dan Peranovic.

Selain itu pihak otoritas kesehatan Serbia mengatakan bahwa Crna Reka center tidak terdaftar sebagai rehabilitasi obat bius.

Sumber : Reuters/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami