Boediono Akhirnya Mundur...

Nasional / 28 May 2009

Kalangan Sendiri

Boediono Akhirnya Mundur...

Puji Astuti Official Writer
3888

Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono, Boediono akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Gubernur Bank Indonesia. Mundurnya Boediono dari jabatannya dengan alasan untuk menghindari konflik kepentingan.

Denny Indrayana, staf hukum kepresidenan menilai bahwa keputusan mundurnya Boediono ini merupakan bagian dari etika politik. Karena jika Boediono tidak muncur akan menimbulkan benturan hukum konstitusional ketika menjabat sebagai pejabat negara.

"Kalau seandainya Boediono maju dalam kapasitas sebagai pejabat negara atau Gubernur BI, tentunya tidak ada pelarangan kampanye. Ini hanya sebagai etika politik Boediono saja," jelasnya.

Dilain pihak, ada pendapat bahwa mundurnya Boediono ini mengindikasi bahwa dia berambisi dengan kekuasaan. Hal ini diungkapkan oleh ahli hukum tata negara UI, Irman Putra Sidin menanggapi apa yang diungkapkan oleh Denny.

"Bisa dibilang begitu (Boediono berambisi). Bank Indonesia adalah organ penting yang menangani sektor ekonomi. Tentunya ada 250 juta orang masyarakat yang akan rugi," demikian ungkap Irman seperti yang dikutip oleh Okezone.com.

Menurutnya apa yang dilakukan oleh Boediono ini melanggar konstitusi dan juga mencenderai bank sentral. Mengenai instruksi presiden yang memerintakan Boediono mundur, menurut Imran hal tersebut sudah di luar kewenangan presiden.

Sumber : Okezone/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami