Membayar Tagihan Anda Tepat Waktu

Membayar Tagihan Anda Tepat Waktu

Lestari99 Official Writer
2823

Tagihan tak pernah terlambat datang setiap bulan, tetapi karena kesibukan yang padat kita jadi lupa untuk membayarnya. Alhasil, denda menumpuk dari setiap tagihan malah menambah beban. Berikut tips untuk membantu Anda membayar tagihan tepat waktu sebelum jatuh tempo.

Langkah 1

Siapkan suatu tempat surat khusus tagihan di suatu sudut yang pasti terlihat oleh Anda, namun jauh dari pandangan tamu yang datang. Misalnya di kamar Anda atau di pantry. Khususkan satu tempat surat beserta bukti pembayarannya, misalnya laci meja tulis. Begitu surat-surat tagihan itu tiba di kotak surat Anda, segera buka dan taruh di lokasi tadi.

Langkah 2

Lingkari tanggal-tanggal khusus di kalender atau agenda Anda untuk membayar tagihan. Pertengahan atau akhir bulan adalah waktu yang tepat. Siapkan hari tersebut khusus untuk menangani berbagai pembayaran.

Langkah 3

Hubungi perusahaan yang mengirimkan tagihan untuk merevisi tanggal tenggat waktu pembayaran sesuai tanggal yang Anda siapkan tadi.

Langkah 4

Siapkan satu buku kecil untuk menandai kapan, di mana, berapa, dan nomor pembayaran setiap tagihan yang sudah Anda bayarkan. Ini akan sangat membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Percayalah, hal ini akan sangat berguna jika Anda memiliki buku cek. Jangan lupa cantumkan pula nomor cek dan nominalnya.

Langkah 5

Jangan malas untuk menyimpan bon pembayaran, setidaknya hingga 7 tahun ke depan. Karena ini sebagai bukti Anda telah membayar. Berguna untuk menghitung pajak Anda di akhir tahun, juga untuk bukti jika terjadi kesalahan penghitungan di perusahaan yang mengirimkan Anda tagihan. Tak ada salahnya untuk mulai terorganisasi dalam urusan uang.

Langkah 6

Malam sebelum hari yang dijadwalkan untuk pembayaran, siapkan amplop berisi uang pembayaran atau ATM Anda di dekat kunci rumah supaya tak tertinggal.

Membayar tagihan Anda tepat waktu dapat menyelamatkan Anda dari biaya keterlambatan yang selangit maupun bunga bank yang berlipat. Jika Anda selalu lalai untuk membayar tagihan, pengeluaran Anda akan membengkak tanpa terasa akibat pengeluaran yang tidak direncanakan sebelumnya.

Sumber : ehow

Ikuti Kami