Obama Serukan Aung San Suu Kyi Dibebaskan

Nasional / 27 May 2009

Kalangan Sendiri

Obama Serukan Aung San Suu Kyi Dibebaskan

Tammy Official Writer
3697
Presiden AS Barack Obama telah menyerukan agar dilakukannya pembebasan "segera dan tak bersyarat" dari pemimpin oposisi Burma Aung San Suu Kyi.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Obama mengatakan bahwa ia sangat mengutuk atas diberlakukannya Suu Kyi sebagai tahanan rumah, yang telah berlangsung selama 19 tahun terakhir ini.

Ia mencoba untuk melanggar ketentuan-ketentuan dari penangkapannya dalam sebuah kasus yang akhirnya menuai kutukan.

Pemenang Nobel ini berhadapan dengan hukuman lima tahun di penjara, jika divonis.

"Aung San Suu Kyi terus mendapatkan penahanan, isolasi, dan pemeriksaan pengadilan berdasarkan tuduhan-tuduhan palsu yang menjatuhkan keraguan serius dari kemauan rezim Burma untuk bertanggung-jawab sebagai anggota dari komunitas Internasional," ujar Obama dalam sebuah pernyataan.

Aung San Suu Kyi"Ini adalah waktunya bagi pemerintah Burma untuk menjatuhkan semua tuduhan melawan Aung San Suu Kyi dan secara tak bersyarat membebaskan dirinya dan rekan-rekan sesama tahanan politiknya," tambahnya.

Aung San Suu Kyi, 63 tahun, seharusnya dibebaskan pada Rabu ini setelah penahanan enam tahun terakhirnya, tetapi ditangkap kembali pada bulan ini setelah kunjungan ke rumahnya oleh seorang pria AS yang tak diundang.

Ia berdiri membela untuk pertama kalinya pada Selasa untuk memberitahukan pengadilan bahwa ia pada awalnya tidak menyadari akan kunjungan di malam hari tersebut tetapi diinformasikan selanjutnya oleh asistennya.

Aung San Suu Kyi diperkirakan khalayak luas akan divonis kembali dalam pengadilan.

Halaman :
1

Ikuti Kami