Sufjan Stevens

A to Z Biography / 27 May 2009

Kalangan Sendiri

Sufjan Stevens

agnes.faith Official Writer
4166

Sufjan lahir di Detroit, Michigan dan dibesarkan di Lower Peninsula. Sejak kecil ia sudah mengenal musilk. Bahkan pada saat sekolah ia dapat memainkan berbagai macam alat musik seperti oboe, recorder, banjo, guitar, vibraphone, bass, drums, piano dan alat musik lainnya. Selain itu ia juga mulai bernyanyi. Ia membawa 4 track dan ia juga mengubahkan konsep album dari he Nine Planets, The 12 Apostles, and The Four Humors.

Pada saat kuliah ia sudah mampu membuat musiknya menjadi sesuatu yang mampu meledakkan industri musik saat itu. pada akhir semester ia lalau mengolah musiknya dan menyatukannya dalam satu album dengan tajuk A Sun Came yang direkam di Asthmatic Kitty Records.

Sufjan akhirnya pindah ke New York dan hidup dengan gaya bohemian dengan beberapa teman-temannya. Ia melanjutkan studinya di The New School for Social Research dimana ia mendapatkan gelar masternya dalam menulis. Disana ia bertemu dengan Jhumpa Lahiri dan Philip Gourevitch dan mencoba menyelesaikan karyanya. Tp ia akhirnya memilih untuk meneruskan 4 track yang sudah ia mulai lebih dulu. Tidak ada lirik didalamnya. Hanya beberapa alat musik dengan nuansa cymbal dan oboe yang kental digabung dengan adanya suara tekno dan digital.

Hasilnya sangat mengejutkan. Ia lalu mengirim lagi beberapa keping dari musiknya itu. ia mengirimkannya ke dapur rekaman dan took-toko musik. Tetapi ayah tirinya tidak terlalu setuju dengan musik instrument yang ia buat. Menurut ayahnya menulis lagu itu harus dengan kata-kata dan melodi.

Sufjan kembali lagi pada buku. Ia mulai mengaransemen lagu-lagu yang ada. Akhirnya ia mampu menyelesaikan 8 track dari lagunya. Ia membuat lagu ini secara berpindah-pindah. Take untuk vibraphone di Massachusetts, electric organ di New Jersey, dengan tempat dan alat seadanya. Kata demi kata, note demi note ia ciptakan dan membentuk satu musik yang big bang. Dari semua itu ia berhasil mengahsilkan suatu perjalanan bersama dari The Great Lake State. Sekarang ayah tirinya sudah menyukai musik yang ia buat. Mereka memutuskan untuk mendistribusikan album ini. Akhirnya mereka menemukan distributor, agen, bahkan sampai make up artist.

Sufjan juga memiliki hobi lain seperti desain grafis, melukis, berlari, fotografi, dll.

Discography:

Song For Christmas

The Avalanche

Illinois

Michigan

A Sun Came

Enjoy Yor Rabbit

Sumber : ccmmagazine.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami