Born To Lead

Career / 26 May 2009

Kalangan Sendiri

Born To Lead

agnes.faith Official Writer
3022

Memiliki visi

Seorang pemimpin harus punya visi. Visinya biasanya berawal dari sebuag impian atau imajinasi. Bagi seorang pemimpin sejati visi adalah sebuah tantangan untuk ditaklukan melalui kekuatan ide, kepribadian, nilai-nilai diri dan harapan. Yang harus diperhatikan, visi haruslah realistis, fokus dan khas supaya tujuan bisa diraih. Kata lainnya, jangan punya visi yang diawang-awang. Selain itu, seorang pemimpin juga harus mampu mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk meraih tujuan tersebut, dan yang jadi orientasinya adalah kepentingan bersama bukannya pribadi.

Berintegritas

Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang Anda katakan. Artinya seluruh perkataan, pikiran, dan tindakan seorang pemimpin harus bisa dipertanggungjawabkan. Integritas membuat orang percaya dan mengandalkan Anda. Kalau Anda sering tidak menepati janji atau tidak konsisten dengan ucapan, orangpun akan berpikir dua kali untuk jadi pengikut atau dipimpin oleh Anda.

Disiplin dan Ulet

Sebelum mendisiplinkan orang lain, Anda harus mendisiplinkan diri sendiri. mulai saja dari hal-hal sederhana, misalnya tidak terlambat bangun, datang selalu ontime, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu,dll. Pemimpin sejati harus anti dengan kebiasaan terlalu santai. Karena kenyataannya dalam hidup ini keberhasilan baru akan bisa diraih kalau Anda disipiln. Disiplin dan ulet akan membuat seorang pemimpin tidak mudah menyerah saat mengahdapi kesulitan atau bahakan kegagalan. Ia bahkan bisa tetap mengajak orang-orang yang dipimpinnya untuk terus bersemangat dan berusaha. Karena pada dasarnya seorang pemimpin tahu di balik kegagalan selalu ada kesuksesan yang akan diraih.

Punya keberanian

Memiliki keberanian berarti melakukan sesuatu yang diyakini benar dan bersedia menanggung segala resikonya. A leader menghitung resiko dan keuntungan yang ada di balik resiko. Keberanian untuk mengambil resiko adalah bagian dari pertumbuhan yang sangat penting. Kebanyakan orang menghindari resiko, dan karena itu mereka bukan pemimpin. Seorang pemimpin sejati juga berani menghadapi perubahan bahkan menciptakan perubahan.

Sumber : kingdom magazine
Halaman :
1

Ikuti Kami