Atasi Masalah Uang Tidak Dengan Uang

Investment / 26 May 2009

Kalangan Sendiri

Atasi Masalah Uang Tidak Dengan Uang

Budhi Marpaung Official Writer
4037

Bagi Anda yang pertama melihat judul artikel ini mungkin yang terlintas dalam pikiran Anda "apa memang bisa ya?" atau "masa sih itu dapat terjadi?" Pikiran-pikiran tersebut tidak sepenuhnya salah karena justru lumrah berpikir seperti itu, yang inti pertanyaan dari semuanya itu adalah "apakah memang bisa mengatasi masalah uang tanpa uang?" Jawabannya BISA.

Permasalahan keuangan yang biasanya dialami seseorang sebenarnya bukanlah masalah dengan tidak mampunya dia untuk mengatasi, tetapi adalah kemauannya untuk menyelesaikan masalah keuangan tersebut.

Sebagai contoh, utang seseorang yang semakin besar bukanlah sepenuhnya karena bunga yang begitu besar yang diberikan kreditor, melainkan penundaan untuk membayar. Banyak sekali orang yang sebenarnya memiliki uang untuk membayar utangnya, tetapi hal itu tidak dilakukan karena dia tidak dapat menahan keinginannya. Bisa jadi juga karena keengganannya mengatur keuangan yang dia miliki sehingga dia tidak dapat mengetahui arus keluar masuk uang.

Berikut ini beberapa langkah praktis yang dapat terapkan dalam kehidupan agar dapat mengatasi keuangan Anda tanpa menumpuk-numpuk hutang atau dengan cara buka tutup lubang keuangan.

1. Lakukan tindakan sederhana atasi masalah. Masalah keuangan yang sedang Anda hadapi tentunya harus diatasi. Salah satunya adalah dengan melakukan hal-hal kecil seperti mengurangi pengeluaran Anda. Ada banyak artikel tips mengenai masalah ini, pelajari dan terapkan hal tersebut dalam kehidupan keuangan sehari-hari Anda.

2. Pertimbangkan dengan matang setiap uang yang Anda keluarkan. Tidak semua keinginan Anda harus terpenuhi dan Anda raih pada saat itu juga. Ketika Anda berada dalam posisi terjepit dalam hal keuangan, mulai pertimbangkan segala sesuatu yang akan Anda beli. Uang yang Anda keluarkan sekecil apapun itu akan sangat berpengaruh dengan bagaimana Anda mempercepat akhir dari masalah keuangan yang mencekik Anda.

Kedua hal diatas mengingatkan bahwa perilaku sangatlah berpengaruh terhadap masalah keuangan yang Anda hadapi. Jadi, ubah perilaku yang sepertinya saat ini kurang benar Anda lakukan dalam kehidupan keuangan Anda dan mulai ubah hal tersebut agar dapat menang dari masalah keuangan Anda.

 

Sumber : www.christianpf.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami