Untuk Mengembangkan Bisnis Anda, Kembangkan Diri Anda

Investment / 23 May 2009

Kalangan Sendiri

Untuk Mengembangkan Bisnis Anda, Kembangkan Diri Anda

Puji Astuti Official Writer
2864

Dengan terjadinya krisis demi krisis pada dua dasawarsa terakhir ini, para pengusaha dihadapkan dengan tantangan-tantangan yang sering kali tidak pernah mereka duga sebelum akan dapat terjadi. Mereka yang mengikuti pergerakan dunia usaha akan mengenali naik turunnya pasar baik dunia maupun lokal dan menyadari benar untuk bertahan dalam kondisi seperti ini mereka harus terus berubah dan berkembang. Untuk melakukan pembaruan seperti itu, yang pertama kali harus di ubah adalah diri mereka sendiri sebagai pemimpin perusahaan. Jika mereka tak mau berubah, maka perusahaan tersebut akan mengalami stagnasi dan dalam sekejab bisa ambruk dan lenyap tanpa bekas.

Jika perusahaan Anda ingin terus berkembang di masa-masa sulit seperti ini, kembangkanlah budaya "dual core" suatu semangat untuk menghasilkan yang terbaik, cepat dan kreatif, sehingga bisa mencapai potensi sepenuhnya dari bisnis Anda. Ini adalah tantangan yang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa.

 

Kompetisi yang terjadi di pasar saat ini menuntut para pengusaha untuk terus berkembang, kreatif dan juga cepat. Tidak ada resep rahasia untuk hal ini, namun beberapa tips berikut mungkin bisa menjadi panduan Anda untuk terus mengembangkan diri:

  • Ikutilah pelatihan-pelatihan pengembangan sumber daya manusia bagi para eksekutif.
  • Berikan beberapa waktu yang Anda miliki untuk kegiatan yang membangun semangat Anda dan juga bermanfaat. Jadilah sukarelawan untuk kegiatan sosial, atau bahkan membantu salah satu saudara Anda untuk membangun bisnis kecilnya.
  • Cobalah usaha lain yang Anda sendiri sama sekali belum coba. Pelajarilah, dan coba dalami, mungkin ada hal-hal baru yang telah menanti Anda dan berpotensi memberikan keuntungan.

Albert Einstein mendefinisikan ‘kegilaan' sebagai mencoba hal yang sama terus menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda. Jika Anda ingin diri Anda, bisnis Anda dan berbagai bidang kehidupan Anda mencapai sesuatu yang baru, temukanlah sudut pandang yang baru dan cobalah lakukan dengan cara-cara yang baru. Jika Anda mengharapkan hasil yang berbeda dengan terus menerus melakukan hal yang sama, Anda masuk dalam kategori diatas.

Sumber : Forbes.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami