3 Jalan Kumpulkan Modal Usaha

Investment / 22 May 2009

Kalangan Sendiri

3 Jalan Kumpulkan Modal Usaha

Budhi Marpaung Official Writer
3027

Dalam masa krisis ekonomi saat ini, menjadi seorang wirausaha adalah sebuah jalan terbaik dalam mengatasi keadaan keuangan seseorang, termasuk mungkin Anda saat ini. Ada banyak hal yang dipersiapkan dalam membangun sebuah usaha tentunya, tetapi satu hal yang pasti yang diperlukan adalah modal.

Ada tiga modal untuk usaha yang bisa Anda gunakan dalam membangun usahanya, yakni modal sendiri, modal pinjam, dan modal kerjasama. Berikut ini cara mendapatkan masing-masing modal tersebut.

1.Modal Sendiri. Sebelum Anda mencari kepada orang lain, lihatlah apa yang ada pada Anda saat ini. Jika saat ini Anda memiliki simpanan, baik berupa uang, deposito, ataupun aset-aset lainnya, juallah barang-barang tersebut. Jangan terlalu sayang untuk menjual beberapa aset Anda untuk menambah modal usaha Anda.  

2.Pinjam. Apabila Anda telah melakukan cara pertama dan masih belum mencukupi modal Anda, lakukan hal kedua yakni dengan meminjam kepada orang lain. Meminjam bukanlah hal yang perlu Anda takutkan, apalagi bila itu menyangkut paut dengan modal membangun sebuah usaha. Kunci dari hal ini adalah ketika meminjam, cobalah untuk memikirkan bagaimana caranya Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut.

3.Kerja Sama. Apabila Anda tidak mendapatkan modal dari kedua hal diatas, Anda dapat menggunakan dengan melakukan kerja sama dengan pihak lain. Hal yang perlu Anda persiapkan apabila melakukan kerja sama adalah kemukakan keuntungan-keuntungan yang dapat diraih kepada calon relasi Anda tersebut. Bersikap baiklah dan tunjukkan kerendahan hati Anda kepada calon rekanan Anda tersebut.

Ketiga modal diatas merupakan sebuah pilihan yang bisa Anda ambil satu persatu, atau dikombinasikan. Jangan takut untuk membangun sebuah usaha apabila itu dikarenakan oleh modal. Percayalah kalau Anda memiliki kemauan yang keras untuk membangun usaha Anda, maka jalan mendapatkan modal pasti Anda dapatkan.

Selamat membangun usaha... 

Sumber : www.kumpulan-tips.com
Halaman :
1

Ikuti Kami