5 Langkah Agar Mau Membuat Anggaran

Investment / 19 May 2009

Kalangan Sendiri

5 Langkah Agar Mau Membuat Anggaran

Budhi Marpaung Official Writer
2837

Dalam kehidupan keuangan, baik pribadi maupun untuk perusahaan, penganggaran merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, selain perencanaan tentunya. Tidak adanya penganggaran dapat berakibat buruk dalam bidang keuangan. Salah satunya adalah, Anda tidak dapat tahu kemana saja uang itu mengalir.

Perlu disadari bahwa tidak banyak orang yang berniat membuat penganggaran. Kebanyakan orang hanya melakukan sampai ke dalam tahap perencanaan. Padahal, tanpa adanya penganggaran, masa depan keuangan Anda pun akan menjadi "suram".

Salah satu alasan orang enggan untuk melakukan penganggaran adalah karena mereka menganggap, penganggaran adalah hal yang rumit dan berbelit-belit. Ada 5 langkah yang dapat memacu diri Anda agar mau melakukan penganggaran keuangan Anda.

1. Catat secara khusus apa yang ingin Anda lakukan dan kapan. Ia harus memiliki waktu yang konkret, harus dituliskan, dan harus spesifik dan realistis. Misalnya ingin "uang lebih" tidak sama dengan "kenaikan lebih dari 10% tahun terakhir oleh Oktober pertama."

2. Kenali hambatan Anda ketika melakukan penganggaran. Ada beberapa pertanyaan berkaitan langkah kedua ini yakni: Apakah hambatannya? Apakah kekurangan Anda? Apa yang Anda perlukan agar dapat sampai ke sana yang belum ada? Apa yang menjadi rintangannya? Mengapa Anda belum sampai dalam tahap tersebut?

3. Tulis SETIAP rencana untuk mengatasi kendala. Daftar tindakan Anda langkah untuk setiap hambatan dari atas. Buatlah sedetail mungkin. Apa yang perlu Anda lakukan untuk melewati kendala yang menghadang Anda dalam mencapai apa yang Anda inginkan?

4. Daftarkan keuntungan-keuntungan bagi Anda. Tidak ada hal yang dilakukan tanpa memperoleh apa-apa. Dengan kata lain, Anda pasti mendapatkan sesuatu dari apa yang Anda kerjakan. Anda harus mengganti proses pemikiran dan tindakan yang dihasilkan dengan proses pemikiran baru yang akan menghasilkan hasil yang dikehendaki. Harus ada keuntungan dan nilai yang cukup berarti untuk Anda sendiri dari upaya yang diperlukan untuk melakukan ini dan mengatasi perlawanan terhadap perubahan.

5. Apakah itu bernilai? Pertanyaan ini harus dijawab dengan hati-hati dan sangat jujur. Jika jawabannya adalah ya, lakukan. Namun, jika jawabannya tidak, apakah manfaat yang diperoleh tidak dapat menghimpun keinginan untuk mengatasi kendala, Anda memiliki tiga pilihan: Ubah tujuan sehingga mengurangi hambatan, meningkatkan keuntungan untuk membuatnya lebih bermakna, dan terakhir, Gugurkan seluruh masalah dan hidup anda dengan tanpa rasa bersalah.

Semoga langkah-langkah diatas dapat membantu kehidupan keuangan Anda menjadi lebih baik. Selamat melakukan penganggaran keuangan dalam kehidupan Anda.

 

Sumber : www.smartmoneytips.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami