Militer AS Kembangkan Teknologi Pesawat Tempurnya

Nasional / 17 May 2009

Kalangan Sendiri

Militer AS Kembangkan Teknologi Pesawat Tempurnya

Budhi Marpaung Official Writer
4146

Pihak militer AS akan melakukan terobosan baru dalam dunia penerbangan militernya. Pesawat tempur yang ada saat ini akan dikembangkan menjadi pesawat tempur tak berawak, setidaknya itulah yang dikemukakan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS, Laksamana Mike Mullen, kepada media lokal setempat Jumat WIB.

Sebenarnya, pihak militer AS telah memiliki pesawat Pesawat tempur tak berawak namun jumlahnya masih sedikit oleh karena itu kedepannya pesawat tempur tak berawak ini akan menghiasi perlengkapan senjata militer AS.

"Kita kini berada dalam masa transisi pada kerangka masa depan penerbangan dan masalahnya terletak pada apa yang akan berawak dan apa yang akan tak berawak," kata Laksama Mullen dalam dengar pendapat dengan Senat.

"Saya kira kita sedang berada di awal perubahan ini," kata Mullen saat ditanya mengenai rencana militer AS mengembangkan pesawat pembom jenis baru.

Menteri Pertahanan Robert Gates, yang ikut dalam dengar pendapat yang sama mengatakan bahwa para perencana militer perlu menjawab pertanyaan apakah pembom baru akan memiliki pilot di kokpit atau beroperasi layaknya pesawat tak berawak.

Mullen yang menjadi juru bicara militer AS di depan Komisi Senat Angkatan Bersenjata mengatakan pesawat-pesawat-pesawat tempur berawak seperti Joint Strike Fighter buatan Lockheed Martin yang kini sedang dalam pembuatan kemungkinan menjadi jet tempur berawak terakhir.

Sebagai informasi, selama beberapa tahun belakangan ini pihak militer dan dinas intelijen AS telah menggunakan ribuan pesawat berkendali baik di Irak, Afghanistan dan banyak tempat lainnya. salah satu pesaawat tempur tak berawak yang telah digunakan oleh pihak Militer AS adalah Global Hawk yang memiliki rentang sayap 35 meter.

Biaya yang besar untuk memproduksi benda-benda bersayap ini tidaklah murah, namun pihak Militer AS tidak mengubah keputusan mereka untuk mengembangkan senjata mereka, yakni pesawat tempur tak berawak. Bahkan salah satu pesawat tempur generasi terbaru buatan AS, Reaper rencananya akan menjadi salah satu jenis pesawat tempur pilihan militer AS dan telah menginvestasikan sejumlah besar dana untuk mewujudkannya.

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami