Dengarkan Musik Yuk

Parenting / 16 May 2009

Kalangan Sendiri

Dengarkan Musik Yuk

agnes.faith Official Writer
2419

Musik adalah kata yang sangat umum di telinga kita. Setiap hari kita mendengarkan musik baik lewat televisi, radio, tape maupun media player yang lainnya. Dan musik ini dapat dinikmati oleh siapapun serta lapisan masyarakat manapun. Musik sangat berpengaruh dalam hidup manusia karena musik itu menghanyutkan, praktis, bahkan dapat mengubah hidup seseorang,

Penelitian membuktikan bahwa musik, terutama musik klasik sangat mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien). Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan intelegensinya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada "miring".

Dalam dunia medis, dokter spesialis THT memakai musik sebagai alat terapi untuk anak yang sulit berbicara. Dengan elektronic ear yang mengahasilkan musik dalam frekuesi yang rendah dan dapat mengirimkan frekuensi tinggi dari telinga kanan ke otak kiri.

200 pusat perawatan memakai musik untuk terapi autis, disleksia, atau cedera pada kepala atau otak. Musik sangat diperlukan dalam setiap aspek kehidupan asalkan tidak mengganggu pendengaran. Musik klasik dianjurkan, misalnya Mozart. Musik romantis seperti Beethoven dan Brahms memiliki energi dan emosional. Musik dapat dijadikan obat instant.

Pada saat sedih, musik dapat dijadikan alat untuk menenangkan hati dan perasaan. Dapat dipakai pada saat anak sedang bermain, belajar atau tidur. Musik menjadi hal yang menyenangkan dan menenagkan untuk anak. Perhatikan juga bila anak Anda terlalu sensitif terhadap suara, maka Anda harus pastikan musik itu tidak menggangu aktivitas anak.

Apabila anak belajar musik sejak balita maka biasanya pendengaran anak akan lebih peka terhadap nada-nada. Dengan bertambah usia anak, maka kemampuan bermusiknya akan terasah lebih baik, bahkan dengan hanya mendengarkan ulang seorang anak akan mampu memainkan ulang sebuah lagu.

Lewat musik perasaan dan emosi anak juga lebih mudah dikendalikan. Anak akan lebih mudah mengelola emosinya sendiri sehingga lebih terkontrol. Disamping itu juga bisa menambah kreativitas anak, akan lebih percaya diri dalam pergaulan, terlebih bila ia dapat menunjukkan eksistensinya.

Sumber : medicinenet.com/berbagai sumber/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami