Langkah-langkah Logis Keluar Dari Hutang

Investment / 15 May 2009

Kalangan Sendiri

Langkah-langkah Logis Keluar Dari Hutang

Budhi Marpaung Official Writer
3533

Hutang adalah sebuah kata yang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang, baik status ekonomi yang kurang mampu sampai yang super kaya (Konglomerat). Apalagi dengan pergerakan ekonomi dunia yang tidak pasti membuat banyak orang yang mengambil jalan pintas mendapatkan uang, yakni dengan berhutang. Padahal dia tidak tahu, hutang yang tidak dibayar dan dibiarkan menumpuk menjadi beban dalam hidup orang tersebut.

Berikut langkah-langkah praktis dan logis yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda agar terlepas dari jerat hutang atau keinginan berhutang.  

1. Kurangi Suku Bunga Anda

Suku bunga bank yang ada saat ini menunjukkan pergerakan yang positif bagi Anda yang memiliki masalah hutang dengan bank. Turunnya suku bunga bank bisa Anda pergunakan sebagai langkah awal untuk membayar hutang-hutang Anda.

Mintalah kepada kreditor Anda (pihak bank) saat ini untuk menurunkan suku bunga yang diberikan. Jangan malu untuk mengungkapkan ketidaksanggupan Anda membayar hutang dengan suku bunga yang begitu tinggi. Atau gunakan pendekatan diplomatis yang intinya meminta pihak kreditor memberikan keringanan hutang kepada Anda.

2. Simpan Uang Dimana Anda Bisa

Langkah kedua adalah mulai dari pemotongan biaya yang tidak perlu. Dalam kondisi seperti ini tidak baik bagi Anda menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang bisa Anda tunda di depannya, seperti makan malam di restoran, menyewa video terlalu sering dan lain sebagainya.

Mengurangi beberapa hal sederhana seperti ini, seperti menggunakan diskon dan kupon, akan memungkinkan Anda untuk meembuat lebih dari uang Anda menuju penghapusan utang. Berita baiknya adalah bahwa Anda masih bisa hidup lebih nyaman, juga - yang baru saja Anda mungkin harus berkata tidak untuk beberapa hal. Melakukan disiplin dalam mengatur keuangan seperti merupakan langkah yang bagus.

3. Hilangkan Hutang Secepat Mungkin Sesuai Kemampuan Anda

Dengan melakukan pemotongan biaya dan mengurangi minat Anda, Anda akan memiliki lebih banyak uang setiap bulannya sehingga dapat menghapuskan hutang. Sementara orang cenderung tidak tergesa-gesa untuk menghapuskan hutang, maka akan lebih baik untuk diingat bahwa membayar bunga berarti Anda membuat Anda berhutang kaya.

Berpikir apa yang bisa terjadi jika anda menyimpan uang yang bukan dengan bunga? Meskipun Anda mungkin tidak akan memperoleh sebanyak apabila menggunakan kartu kredit, setidaknya dapat menghentikan kebocoran serius pada keuangan Anda!

4. Buat Sumber Pendapatan Tambahan Jika Memang Diperlukan

Keluar dari hutang adalah perasaan yang indah. Anda akan merasakan kebebasan yang mungkin belum diketahui untuk beberapa waktu. Jika dibutuhkan sedikit kerja keras untuk bisa sampai ke posisi tersebut, itu lebih baik.

Anda juga dapat mulai melewati beberapa hal yang Anda lihat dan apa yang dapat Anda jual. Kebanyakan orang memiliki barang-barang pada saat berada dalam kondisi baik dan bila sewaktu-waktu Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan uang. Kemudian, kelebihan dari uang tersebut dapat dipakai untuk membayar hutang yang ada.

Ingat bahwa akan lebih mudah untuk keluar dari hutang jika Anda tetap membayar dalam jumlah  yang sama terhadap tagihan Anda setiap bulannya. Menyimpan uang pada waktu yang sama dan biarkan mulai membunga. Jangan lupa untuk tetap melakukan sesuatu hal yang menyenangkan, terutama bagi Anda yang sudah memiliki anak. Jangan biarkan fokus Anda yang terlalu besar terhadap pelunasan hutang malah membuat kebahagian keluarga Anda menjadi terenggut.

Sumber : billeater.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami