Gunung Anak Krakatau Naik Status

Nasional / 9 May 2009

Kalangan Sendiri

Gunung Anak Krakatau Naik Status

Budhi Marpaung Official Writer
4083

Gunung Anak Krakatau dinaikkan statusnya oleh pihak pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Kenaikan status yang dimaksud adalah kenaikan status Gunung aktif tersebut dari waspada (level II) menjadi siaga (level III).

Peningkatan status gunung api yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung tersebut sudah diberlakukan PVMBG sejak Rabu (6/5). Oleh karena itu, pihak PVBMG meminta warga dan wisatawan untuk tidak mendekat dalam radius dua kilometer dari kawah letusan.  

Gunung Anak Krakatau saat ini mendapat pengawasan intensif dari Posko Pengawasan Gunung Api Anak Krakatau dari Pasauran Banten dan Kalianda Lampung.

Gunung itu berstatus waspada (level II) sejak 3 Juli 2008 lalu. Kegiatan letusan terakhir terjadi sejak 25 Maret 2009 dengan 19 kali letusan.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penelitian Gunung Api PVMBG, Dr Hendrasto mengatakan peningkatan status gunung ini hendaknya disikapi oleh masyarakat sekitar dan wisatawan dengan tenang. Hendrasto juga memberikan pesan agar masyarakat dan wisatawan tidak mempercayai kabar-kabar yang belum jelas kebenarannya.

Sementara itu, menurut data yang dimiliki oleh PVMBG, peningkatan status Gunung Anak Krakatau ini menambah daftar gunung api berstatus siaga (level III). Sebelumnya, gunung-gunung di Indonesia yang telah ditingkatkan statusnya menjadi siaga diantaranya Gunung Semeru, Karangetang, Ibu dan Gunung Slamet.

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami