Ayo Push Up

Solusi Sehat / 8 May 2009

Kalangan Sendiri

Ayo Push Up

agnes.faith Official Writer
6312

Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang. Kegiatan ini dapat dikombinasikan dengan:

  1. mengubah jarak telapak tangan
  2. bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan
  3. mengubah jarak antar kaki
  4. mengubah ketinggian letak kaki: dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain

Push-up merupakan simbol kesehatan, yang juga digunakan sebagai barometer kebugaran yang paling sederhana, mudah, dan paling cepat. Push-up menguji seluruh tubuh, mengatur otot di lengan, dada, perut, pinggul, dan kaki.

Push-up mengharuskan tubuh tegang seperti papan dengan jari kaki dan telapak tangan di atas lantai. Gerakan-gerakan seperti mengangkat dan menurunkan berat badan memerlukan kekuatan dan daya tahan yang prima untuk melakukan gerakan push-up berkali-kali.

Banyak orang tidak dapat melakukan push-up. Banyak para ahli kesehatan dan kebugaran memfokuskan kebugaran tubuh bagian atas, seperti aerobik yang menekankan kebugaran kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Push-up juga penting untuk orang tua. Kemampuan untuk melakukan push-up lebih dari satu kali dengan sikap sempurna adalah indikator kapasitas untuk melawan efek penuaan. Para peneliti yang mempelajari mengenai biomekanisme penuaan mencatat bahwa push-up dapat memberikan kekuatan dan kemampuan otot untuk menahan saat tubuh terjatuh. Bila seseorang terjatuh ke depan, ia akan mempertahankan diri sehingga akan menghasilkan suatu gerakan yang serupa dengan push-up. Tangan menyentuh lantai, pergelangan tangan dan lengan menyerap dampak jatuh, posisi siku bengkok sedikit untuk mengurangi gaya karena terjatuh.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami