Menyiasati Pengeluaran Untuk Sumbangan Wajib

Investment / 8 May 2009

Kalangan Sendiri

Menyiasati Pengeluaran Untuk Sumbangan Wajib

Budhi Marpaung Official Writer
2408

Kehidupan interaksi antara satu orang dengan orang lainnya pasti mempunyai dampak terhadap orang yang berinteraksi tersebut. Dampak dari hubungan interaksi tersebut diantaranya adalah adanya biaya untuk kepentingan bersama.

Tidak dapat dipungkiri, di dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti dimintai memberikan sumbangan wajib, mulai dari sumbangan wajib anak sekolah, sumbangan wajib untuk lingkungan sekitar Anda, bahkan gereja pun terkadang juga melakukan tersebut. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar tetap dapat menyumbang, tanpa harus kesusahan memberi ataupun mendadak lupa memberikannya.

1. Sering-sering lihat kalender, minimal untuk 3 bulan ke depan. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda bisa tahu kapan dan apa saja kewajiban menyumbang yang harus Anda lakukan, minimal selama 3 bulan ke depan tersebut. Contoh, akhir April saya harus menyumbang ini, pertengahan Juli menyumbang itu, dan seterusnya. Dengan demikian, ini berarti Anda punya kesempatan untuk menyiapkan pengeluaran untuk sumbangan tersebut sejak jauh-jauh hari.

2. Sisihkan dari Penghasilan. Kalau Anda menyiapkan sumbangan tersebut dari jauh-jauh hari, maka Anda bisa melakukannya dengan menyisihkan dari penghasilan yang Anda dan suami/istri Anda (bagi yang menikah) dapat setiap bulannya. Cara seperti ini biasanya akan menguntungkan Anda karena ini sama saja dengan mencicil dari jauh-jauh hari. Apalagi kalau pengeluaran sumbangan Anda yang bersifat wajib tidak dilakukan setiap bulan. Dengan mencicil, beban Anda untuk menyumbang jadi terasa ringan. Betul kan??

3. Pisahkan dalam Rekening Khusus. Kalau Anda mencampur adukkan uang yang akan disetor untuk sumbangan dengan uang Anda sehari-hari, biasanya uang itu pasti terpakai. Karena itu, sebisa mungkin Anda mempunyai rekening tersendiri atau paling tidak Anda mencatat berapa uang yang Anda tabung untuk memberikan sumbangan wajib Anda.

Ketiga diatas diharapkan dapat membantu Anda untuk membantu Anda dalam memberikan hal yang terbaik kepada sesama, apalagi uang yang Anda keluarkan juga untuk kepentingan bersama (baik untuk pendidikan anak maupun kehidupan sosial kemasyarakatan dan gereja). Karena itu, selamat membayar sumbangan-sumbangan wajib Anda. Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : perencanakeuangan.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami