5 Cara Mengatur Uang Anda

Investment / 5 May 2009

Kalangan Sendiri

5 Cara Mengatur Uang Anda

Budhi Marpaung Official Writer
3083

Uang dan pengelolaan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan antara keduanya. Bila manusia tidak mengelola keuangannya maka yang terjadi adalah pengeluaran yang sia-sia, bahkan lebih parah lagi dapat membuat seseorang bangkrut.

Dengan Anda melakukan pengelolaan maka uang Anda setidaknya akan lebih terkontrol. Berikut lima cara pengaturan uang lain yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan Anda masing-masing.

1. Mengumpulkan

Uang tidak datang dengan sendirinya (pada umumnya). Dibutuhkan sebuah usaha keras agar dapat meraih alat pertukaran masa kini tersebut. Perlu diingat, tidak salah bila Anda mengumpulkan uang yang Anda miliki dengan bekerja. Menjadi salah apabila Anda menjadikan uang segalanya.

2. Mengeluarkan

Atur uang Anda terlebih dahulu untuk hal-hal pokok. Jangan memaksakan diri Anda bila hanya memiliki pendapatan yang tidak terlalu besar. Pengeluaran yang tidak seimbang dengan pendapatan akan berakibat Anda akan berutang kepada orang lain.    

3. Menyimpan

Anda perlu menanamkan dalam diri Anda bahwa menabung bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Sisihkan uang Anda dan masukkan ke rekening tabungan pribadi Anda. Jangan menunda-nunda untuk menabung. Bila itu Anda lakukan yang ada adalah Anda tidak jadi menabung karena uangnya sudah habis Anda belanjakan. Jadi bersegeralah menabung ketika Anda memperoleh uang.

4. Investasikan

Bila Anda memiliki uang yang lebih, Anda dapat melakukan kegiatan investasi. Namun, bagi Anda yang memiliki uang yang tidak terlalu besar. Investasi bisa menjadi alternatif pengeluaran uang Anda agar tidak terbuang percuma hanya untuk keinginan semata.

5. Memberikan

Sebagai orang yang hidup dalam firman Tuhan, Anda tidak dapat menyampingkan hal ini. Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita untuk memberi. Percayalah, bahwa Tuhan tidak pernah sekalipun menutup matanya melihat perbuatan baik yang dilakukan anak-anaknNya di muka bumi ini. Tuhan memperhitungkan semuanya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memberi.

Kelima hal diatas adalah hal-hal pokok yang perlu Anda ketahui dalam kehidupan mengelola keuangan sehari-hari. Jangan sampai Anda terjebak dengan masalah-masalah keuangan yang terjadi akibat pengelolaan uang yang salah. Oleh karena itu, marilah mengatur keuangan dengan bijak, cerdas dan cermat.

 

Sumber : 88db.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami