2050, Ribuan Pulau di Indonesia Tenggelam

Nasional / 3 May 2009

Kalangan Sendiri

2050, Ribuan Pulau di Indonesia Tenggelam

Budhi Marpaung Official Writer
6497

Ramalan bagi masa depan Indonesia tidak pernah habisnya. Mulai dari para pakar sampai paranormal memberikan prediksi-prediksinya akan negara Indonesia ke depannya nanti.

Kali ini, salah seorang pakar lingkungan Hidup, Emil Salim memberikan prediksi bahwa pemanasan global akan berakibat kepada kenaikan muka air laut. Kenaikan muka air laut setiap tahunnya ini akan membuat akan banyak wilayah dunia tenggelam pada 2050. Demikian paparan prediksi beliau pada Seminar Konferensi Kelautan Dunia di Universitas Indonesia, Jakarta, Kamis (30/4).

Menurut mantan Menteri Lingkungan Hidup ini, kenaikan air laut rata-rata setiap tahunnya terus meningkat. Tahun ini, rata-rata kenaikan air laut  mencapai 2,53 milimeter (mm), padahal di tahun 2006 kenaikan air laut baru mencapai 1,7 mm.

Hal ini tentunya akan mengkhawatirkan negara-negara yang memiliki daratan yang tidak tinggi. Salah satunya adalah Maladewa yang memilki ketinggian daratan hanya 1,3 meter.

Oleh karena itu, Emil Salim mengatakan peta batas negara di dunia akan berubah pada 2050 nanti. Ini yang akan membuat dunia sibuk "berperang" melawan laut menyelamatkan penduduknya.

"Karena itu tidak bisa jika dunia tidak bergabung untuk mengatasi dampak dari pemanasan global ini terhadap laut," ujar dia.

Sementara itu, salah satu pembicara seminar lainnya, Alex SW Retraubun selaku Direktur Pulau-Pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) mengatakan konstelasi negara akan berubah pada tahun 2050 karena diperkirakan 2000 pulau akan tenggelam di Indonesia.

Sebagai pencegahan, menurut Alex, diperlukan upaya abrasi terutama kepada pulau-pulau kecil yang berpenduduk. Selain itu, pemetaan wilayah yang rentan tenggelam harus segera dilakukan agar pencegahan dan mitiagasi bencana dapat dilaksanakan dengan tepat.

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami