Ketika Uang Bicara

Marriage / 1 May 2009

Kalangan Sendiri

Ketika Uang Bicara

Puji Astuti Official Writer
3799

Ada yang berkata bahwa uang tidak bisa membeli cinta, tapi pada kenyataannya uang bisa membuat sebuah pernikahan bahagia atau malah hancur. Uang adalah sesuatu hal penting, dan seringkali  menjadi sumber utama konflik dalam pernikahan. Tetapi, percaya atau tidak, konflik itu kebanyakan tidak disebabkan oleh kekurangan uang tapi lebih ke bagaimana dalam menggunakannya dengan baik.

Bagaimana seseorang bersikap terhadap masalah uang akan mempengaruhi nilai-nilai kehidupan mereka. Asumsi tentang tidak cukup uang untuk mempertahankan tempat tinggal Anda, membeli makanan, dan barang yang Anda butuhkan hal ini sangat berkaitan dengan sikap Anda. Berikut ini ada tiga pendapat tentnag sikap umum seseorang terhadap uang di dunia barat:

Uang itu untuk di nikmati. Uang harus digunakan untuk membuat Anda bahagia. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di depan nanti, untuk itu Anda harus menikmati apa yang Anda miliki saat ini. Uang tidak akan berguna jika Anda sudah mati nanti, untuk itu gunakanlah selagi Anda masih hidup.

Uang adalah sumber keamanan. Uang harus digunakan untuk sesuatu yang membuat Anda merasa aman dan nyaman. Hal yang mendasar Anda harus memiliki sebuah rumah. Untuk itu penting menyisihkan uang untuk membeli sebuah rumah. Tidak ada yang tahu seperti apa masa depan, untuk itu sangat perlu mempersiapkan diri dengan baik.

Uang itu untuk dibagikan. Uang itu harus dengan murah hati dibagi dengan orang yang dicintai dan mereka yang kurang beruntung. Belikan seseorang hadiah, mentraktir seseorang dan memberi untuk kegiatan sosial menjadi sebuah sumber kepuasan untuk orang jenis ini. Bagi mereka, mereka juga tidak tahu seperti apa masa depan itu, untuk itu mereka perlu membagikan kebaikan yang sudah mereka terima.

Jika Anda dan pasangan memiliki pandangan yang sama tentang, hal yang perlu Anda putuskan bersama adalah siapa yang akan memanage penghasilan dan pengeluaran di keluarga Anda.

Jika Anda memiliki pandangan tentang uang, Anda berdua perlu menyepakati hal-hal mendasar dalam menetapkan prioritas anggaran, berapa banyak yang akan Anda gunakan dalam membeli sesuatu, dan berapa banyak yang akan digunakan untuk sesuatu yang bersifat kenikmatan hidup seperti menonton film di bioskop, dan yang terpenting adalah berapa persen yang akan Anda tabung.

Namun diatas semua itu, ada hal yang paling esensi yang perlu Anda dan pasangan sadari. Pasangan Anda lebih berharga dari pada uang, untuk itu, dalam konflik sebesar apapun, bagaimanapun pasangan Anda menggunakan uang, pastikan Anda dapat melihat hal tersebut. Buat dia menyadari bahwa uang sebanyak apapun tidak bisa menggantikan posisinya di hati Anda.

Pernikahan yang berhasil biasanya memiliki kesepakatan bahwa sebagai pasangan memiliki pengaruh yang sebanding dalam hal keuangan. Untuk itu pastikan dalam membuat keputusan-keputusan penting dalam keuangan, Anda melibatkan pasangan Anda.

Sumber : BBC/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami