Mencegah Masalah-Masalah Keuangan

Investment / 1 May 2009

Kalangan Sendiri

Mencegah Masalah-Masalah Keuangan

Budhi Marpaung Official Writer
3664

Akhir-akhir ini banyak orang yang terbelenggu dengan masalah keuangan. Banyak faktor yang jadi penyebab mengapa orang masuk ke dalam masalah keuangan tersebut. Kita sebagai orang  yang telah mengenal Tuhan dipanggil sebagai teladan bagi dunia ini dan memberikan jawaban masalah melalui kuasa Yesus Kristus.  

Tips berikut lebih banyak berbicara mengenai apa yang Anda lakukan kepada orang lain yang sedang mengalami masalah keuangan. Namun, Anda dapat juga menerapkan tips-tips berikut ini dalam kehidupan Anda. Berikut tipsnya:

1. Tanamkan arti uang sesuai dengan yang tertulis dalam Alkitab. Anda harus percaya bahwa Alkitab adalah jawaban bagi semua masalah ataupun pertanyaan manusia, tanpa terkecuali. Cara yang bisa ditempuh untuk membantu seseorang menggunakan metode ini adalah dengan menunjukkan beberapa ayat dalam Alkitab yang berhubungan dengan uang dan kekayaan. Dorong mereka untuk selalu bersyukur atas apa yang telah mereka miliki. Ingatkan mereka agar tidak membanding-bandingkan miliknya dengan yang dimiliki orang lain. Jangan lupa tekankan pentingnya menabung dan memberi dengan sukacita.

2. Ajarkan tuntunan praktis dalam mengatur uang. Pengalaman Anda dalam mengatur keuangan bisa menjadi salah satu cara yang terbaik dalam membantu mereka membuat tuntunan praktis dalam mengatur keuangan yang benar. Oleh karena itu, bantulah mereka dalam pembuatan perencanaan keuangan yang pernah Anda lakukan. Setelah itu, dorong mereka untuk bisa menerapkannya, dan ajaklah mereka membagi pengalaman mereka kepada orang percaya lainnya. Akan menjadi sangat menarik dan menyenangkan jika kita bisa melihat bagaimana Allah memberkati dan memenuhi segala kebutuhan kita jika kita mau mengikuti tuntunan-Nya.

3. Tekankan masalah keuangan pada saat berencana menikah. Pada saat seseorang menikah, mereka akan memasuki dunia baru dalam keuangan mereka. Dua pendapatan dan cara mengelola uang akan digabung menjadi satu dan ada kemungkinan terjadi konflik. Setelah mereka menikah, pasangan baru ini kadang-kadang membutuhkan pengingat untuk melihat sumber pendapatan mereka secara nyata. Apa yang harus mereka lakukan terhadap uang, keuangan, tabungan, perpuluhan, kartu kredit atau pengelolaan keuangan? Tagihan-tagihan apa saja yang harus mereka lunasi dan bagaimana melunasinya? Bagaimana bila suami dan istri ini memiliki cara yang berbeda dalam mengelola keuangannya? Apakah salah satu dari mereka boros dalam menggunakan uang, sedangkan yang lainnya sangat hemat? Dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar keuangan tersebut, Anda dapat membantu mereka terhindar dari konflik keuangan yang mungkin terjadi.

4. Tekankan poin-poin penting dalam masalah keuangan jika terjadi krisis atau perubahan hidup. Kebanyakan perubahan dalam hidup mulai masuk sekolah, pindah kerja, pindah rumah, pensiun, sakit dalam waktu yang lama, kematian dalam keluarga masing-masing bisa menimbulkan perjuangan dalam keuangan. Jika poin-poin dalam masalah keuangan ini dimunculkan segera dan didiskusikan secara informal, masalah sering bisa dihadapi dan diselesaikan sebelum masalah itu menjadi semakin besar.

Untuk memberkati orang lain, Anda tidak perlu menunggu memiliki uang yang berlimpah-limpah. Dengan membantu mereka dalam mengatasi keuangan dengan menerapkan tips diatas, Anda pun sudah memberkati mereka. Ingatlah, bahwa berkat ALLAH pasti turun ke setiap bidang hidup Anda ketika melakukan segala perintah dan firman-Nya dengan kesungguhan hati. Selamat memberkati!!! 

 

Sumber : c3i.sabda.org/ bm
Halaman :
1

Ikuti Kami