Makanlah Buah Secukupnya

Gizi & Nutrisi / 30 April 2009

Kalangan Sendiri

Makanlah Buah Secukupnya

Lestari99 Official Writer
4807

\"\"Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan karena akan memberi asupan vitamin yang cukup buat tubuh. Namun bila konsumsinya terlalu berlebihan, buah-buahan ternyata dapat menimbulkan efek merugikan.

Asosiasi Alergi dan Asma Jerman pernah mengingatkan, konsumsi buah yang berlebihan akan menyebabkan timbunan gas di lambung serta kejang perut dan diare pada mereka yang sensitif dan memiliki intoleransi terhadap fruktosa.

Seorang dewasa yang sehat biasanya tidak dapat mentoleransi lebih dari 25 gram fruktosa dalam sehari. Jumlah tersebut harus lebih rendah lagi bagi mereka yang alergi terhadap buah-buahan dan punya masalah utama usus besarnya mengalami kesulitan untuk menyerap dan mengirim fruktosa ke bagian tubuh lainnya.

Banyak orangtua yang meyakini bahwa memberikan banyak buah-buahan kepada putra-putrinya adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan anak-anak mereka.

Sonya Laenmel, ahli gizi dari Asosiasi Alergi dan Asma Jerman menghimbau kepada para orangtua yang biasa memberi anak-anaknya sari buah apel, bahwa seringkali minuman itu diberi pemanis fruktosa. Orangtua pun harus paham bahwa konsumsi satu porsi minuman tersebut pun mengandung fruktosa mencapai 25 gram.

Oleh sebab itu, untuk mencapai satu pola makan yang sehat berimbang dianjurkan agar lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran, terang Sonya Laenmel.

Jumlah konsumsi buah-buahan yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah 500 gram untuk satu hari, sedangkan kepada anak-anak separuh dari jumlah tersebut di atas.

Agar fruktosa dapat dicerna dengan baik maka diingatkan bahwa kelompok usia dewasa jangan mengkonsumsi buah-buahan saat perut mereka kosong. Sebaiknya, hidangan buah-buahan juga dikonsumsi dengan susu fermentasi atau yoghurt. Buah-buahan yang memiliki kandungan fruktosa tinggi di antaranya adalah apel, pir, kurma, plum, mangga dan nanas. Selamat menikmati buah kesukaan Anda dengan cara yang sehat...

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami