Tumbuh Tak Terkendali karena Kelainan Gen

Serba-Serbi Sehat / 29 April 2009

Kalangan Sendiri

Tumbuh Tak Terkendali karena Kelainan Gen

Lestari99 Official Writer
4754

Remaja 13 tahun asal Washington Amerika Serikat ini bisa jadi sebagai manusia termuda yang memiliki tubuh paling tinggi di dunia. Tingginya mencapai hampir 2,2 meter. Ya, remaja itu bernama Brenden Adams.

Menurut Willie Adams, ayah Brenden, putranya terlahir normal. Bobot lahirnya hanya 3,5 kg dan panjang 48 cm. Anomali pertumbuhannya baru disadari saat diperiksakan ke dokter pada usia 2 bulan. Saat berusia 4 bulan, dia kembali diperiksa oleh dokter. Hasil pemeriksaan membuat sang bunda, Debbie Ezell terkaget-kaget setelah melihat data- data yang diberikan dokter.

Ternyata gigi Brenden sudah lengkap: 32 buah. Padahal pada bayi normal, gigi susu baru tumbuh pada usia 6-8 bulan, yakni dua gigi seri di bawah dan dua gigi seri di atas. Bahkan gigi bayi normal baru berjumlah 20 buah (gigi susu) pada usia tiga tahun. Ibunya juga menjelaskan bahwa pada usia 4 bulan semua gigi Brenden sudah tumbuh.

Di sekolahnya, Brenden terlihat menjulang bak menara di antara teman-teman, bahkan guru-gurunya. Gretchen Holmstrom, guru sekolah Brenden mengatakan, anak didiknya itu harus membungkukkan badannya untuk bisa melewati pintu kelas. Ketika duduk pun dia terpaksa harus menjulurkan kakinya ke samping meja. Sebab, kolong meja belajar tak sanggup menampung kaki Brenden.

Brenden juga menderita ketika naik mobil. Dia harus menekuk tubuhnya ketika berada dalam mobil. Kasihan melihat penderitaan putranya, sang ibu pun memesan mobil jenis SUV yang dirancang khusus agar Brenden bisa lebih nyaman di dalam.

Awalnya dokter mengaku tidak mengetahui apa yang menyebabkan pertumbuhannya begitu cepat. Namun belakangan dokter menemukan kelainan pada kromosom Brenden.

Jika badan Brenden terus meninggi, dia bisa meninggal. Namun kini dokter berupaya memperlambat pertumbuhannya. Hasilnya cukup memuaskan, selama tahun lalu, tinggi Brenden hanya naik 1 inchi.

Selain Brenden ada nama lain yang pernah tercatat sebagai remaja tertinggi di dunia. Sebut saja remaja asal Thailand bernama Malee Duangdee. Gadis 17 tahun itu memiliki tinggi sekitar 2 meter.

Duangdee jangkung karena terdapat tumor pada kelenjar pituitari, dampaknya tubuh Duangdee menghasilkan hormon pertumbuhan berlebih.

Selain Duangdee, satu remaja yang mendapat gelar tertinggi kedua di dunia adalah Marvedene Anderson. Remaja 15 tahun asal Amerika Serikat ini, memiliki tinggi hampir 1,9 meter.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami