Utak Atik Otak Siap Modal

Career / 28 April 2009

Kalangan Sendiri

Utak Atik Otak Siap Modal

agnes.faith Official Writer
5248

Selain memusatkan diri pada perubahan sikap hidup dan kebiasaan, ternyata oatk pun perlu dilatih untuk mendukung pembangunan mentalitas wirausaha. Jason Zwieg penulis di Money Magazine memaparkan dalam artikel berjudul "An Owner's Manual for Investor's Brain: From Hunting Sloths to Picking Strocks", delapan langkah yang perlu dilakukan untuk "membentuk" otak kita dalam menyiapkan modal berwirausaha.

Ikat diri Anda dalam bagian otak yaitu amygdala yang berhubungan dengan timbulnya rasa takut sebagai kekuatan menarik yang harus dikurangi pembongkarannya karena dapat menimbulakan panik. Caranya, menjauh dari stocks tickers, mematikan televisi yang menampilkan gambar-gambar penolakan terhadap salesman, serta berjanji dalam diri kalau perlu ditulis untuk mengecek saldo tabungan hanya sebulan sekali.

Jaga keseimbangan. Otak dibuat untuk membuat prediksi berdasarkan pengalaman masa lalu. Demikian juga otak mesti disiapkan untuk mengambil resiko pada sesuatu pilihan yang lebih besar.

Tingkatkan pengamatan. Lakukan pengamatan ekstra walaupun keadaan berjalan baik untuk mempersiapkan Anda bila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Asahlah insting untuk melihat apakah itu hanya gejala semu atau memang keadaan yang sebenarnya. Gunakan "dompet" berbeda. Jangan membawa semua uang Anda untuk membangun suatu usaha.

Bangun emosi terkendali. Antoine Bechara dari University of Iowa mengatakan, mengevaluasi perasaan atas keputusan-keputusan yang diambil apakah baik atau buruk akan membantu Anda belajar dari perilaku. Membuat catatan tentang perasaan Anda yang disebut Emotional Registry. Adalah ide yang baik terutama bila Anda investor muda.

Fokus jangka panjang. Ingat, otak Anda merasa semua hal yang terjadi berulang beberapa kali sebagai tren. Jadi buka pikiran terhadap banyak pilohan agar tidak terjebak dalam tren sesaat yang tidak menguntungkan tapi lebih fokus pada apa yang menjadi tren jangka panjang.

Lenturkan Cortex Anda. Prefrontal Cortex bertanggung jawab mengevaluasi akibat dari tindakan Anda dan bertambahnya usia akan mengurangi fungsi ini.

Membuat variasi-variasi. Pastikan uang Anda tidak hanya diinvestasikan pada satu investasi. Selalu memiliki uang tunai, beberapa obligasi, investasi real estate dan simpanan mata uang asing merupakan tindakan bijak.

Sumber : Mpower magazine
Halaman :
1

Ikuti Kami