Watchmen: Superhero Khusus Dewasa

Film Review / 28 April 2009

Kalangan Sendiri

Watchmen: Superhero Khusus Dewasa

arienurkrisna Official Writer
16093
Jangan terkecoh dengan tajuk superhero yang ditawarkan sebab akhir-akhir ini film superhero bukanlah untuk komsumsi anak-anak lagi. Jika anda mendengar kata super hero maka tokoh yang paling anda kenal mungkin Superman, batman dan Spiderman. Dan sebagian besar tokoh superhero yang kita kenal tersebut diciptakan sebelum tahun 1970an dan yang tumbuh besar bersama karakter-karakter tersebut adalah "ABG" alias "Angkatan Babe Gue" dengan rentan usia 20 th keatas. Maka dari itu trend Hollywood akhir-akhir adalah menciptakan film-film superhero untuk komsumsi dewasa. Berbeda dengan anak-anak masa sekarang yang lebih disuguhi dengan karakter-karakter non superhero, dalam arti tokoh-tokoh yang perlu topeng dan kepribadian rahasia untuk menyembunyikan identitas supernya. Contoh Ben 10, Avatar, Naruto karakter sakti idola anak-anak sekarang, mereka semua tidak ada yang memakai topeng dalam arti sebenarnya dan harafiah untuk menyembunyikan identitasnya.

Bahayanya Para Orang Tua yang tumbuh dengan Superman, Batman dan Spiderman dulu disuguhkan cerita seru, menarik, kekuatan super, perang tanpa korban jiwa, tanpa kesadisan fisik, tanpa sex, tanpa apa yang bisa disebut 17 keatas pada masa sekarang. Sebab dulu dianggap taboo untuk ditaruh di Film dan Komik. Kenyataannya sekarang Film dan komik Superhero tersebut ditujukan untuk mayoritas penontonnya yaitu orang dewasa. Bahayanya lagi para orang tua tidak menyadari ini dan tetap membawa anak-anaknya menyaksikan film superhero tanpa hikmat dan bimbingan khusus.

Terlebih film Watchmen yang bahkan pada masanya 1980 an merupakan graphic novel atau komik yang dibuat 12 issue dan tamat menjadi sebuah kesatuan cerita utuh. Pada masa itu pun adalah untuk konsumsi dewasa oleh karena cerita yang berat, kritik pemerintah dan kekerasan yang ditampilkan. Kini dengan difilmkannya graphic novel tersebut dangan team yang memproduksi film"300". Film 300 saja sudah penuh adegan kekerasan dan panas, sudah pasti film ini juga akan menampilkan adegan-adegan serupa.

Banyak orang tua tidak menyadari ini mereka pikir "Just another superhero movie" bahkan film Batman Dark Knight saja sudah kuran pas untuk anak-anak. Tanpa control usia di bioskop Indonesia dan pengetahuan orang tua akan rated R dari film Watchmen ini saya bahkan banyak melihat anak-anak kecil ikut menyaksikan film ini, dan tidak sedikit dari mereka dibawa keluar oleh orang tua mereka ditengah film.

Keepin it real saya harus fair mengatakan film ini jika anda cukup umur dan cukup dewasa dan berhikmat menyaksikan film ini. Watchmen adalah suguhan special effect, shot photo, animasi, dan seni tingkat tinggi. Tone warna, editing, 3d animation, property, costume, make up dan hal-hal teknis perfilman. Semuannya berkualitas terbaik ala Hollywood. Bahkan cerita dan plot yang ditawarkan harus saya akui menarik dan unik. Bercerita tentang dunia parallel seandainnya amerika menang perang Vietnam dengan bantuan superhero, maka apa yang akan ada di dunia sekarang. Nuansa film ini Gelap dan Kelam baik secara visual dan segi cerita.

Overall saya tidak merekomendasikan film ini untuk keluarga apalagi anak-anak sudah jelas-jelas rated R. jangan lah tertipu semata film ini film superhero dan omongan orang bahwa film ini keren karena digarap team yang menghasilkan 300 serta animasi special effect yang dasyat. Ingat Khusus Dewasa yang ingin dihibur dengan film tidak bermoral dan bermanfaat selain "Visually entertaining" hiburan seni dan visual saja.


Sumber : onchom
Halaman :
1

Ikuti Kami