India: Caleg Berkampanye Menggunakan Hewan

Nasional / 26 April 2009

Kalangan Sendiri

India: Caleg Berkampanye Menggunakan Hewan

Budhi Marpaung Official Writer
5910

Kejadian ini mungkin hanya bisa terjadi di negara India. Penggunaan hewan sebagai transportasi dalam dunia politik India bukanlah barang baru. Bahkan karena seringnya menggunakan hewan sebagai komoditas politik para elit yang bertarung disana, Komisi Pemilihan Umum India memberikan larangan penggunaan hewan sebagai lambang pemungutan suara.

Mendapat larangan seperti ini, para caleg sepertinya tidak begitu saja mengikuti larangan tersebut. Contohnya, seorang calon BSP Mohammed Mustaqeem dari New Delhi, mendatangi kantor KPU setempat dengan menggunakan kuda diiringi mobil dari para pendukungnya. Demikian laporan kantor berita resmi India, Press Trust of India (PTI), Rabu (22/4).

Sama tapi berbeda juga ditunjukkan oleh Amroha Mahboob, salah seorang caleg dari Partai Samajwadi (SP). Dia menggunakan kuda selama pencalonan diri bagi daerah pemilihannya.

Pengunaan hewan sebagai kendaraan mereka selama kampanye diakui keduanya sebagai ajang untuk mengambil simpati dan perhatian dari masyarakat pemilihnya. Selain itu, untuk mengurangi biaya pemungutan suara.

Kira-kira bisa gak ya hal ini terjadi juga di pemilu Indonesia? Mungkin setelah mereka (para elit politik, red) melakukannya, sudah diprotes oleh LSM pecinta satwa Indonesia.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami