Menghadapi Remaja Pemberontak

Parenting / 25 April 2009

Kalangan Sendiri

Menghadapi Remaja Pemberontak

agnes.faith Official Writer
3764

Bagaimana bila anak remaja Anda memiliki tabiat yang buruk dan semakin menjadi-jadi. Pemberontakan bisa saja terjadi di keluarga Anda. Bagaimana Anda dapat menjaga anak Anda bila gejala kekerasan sudah telihat? Menurut penelitian, cara pencegahan yang tepat untuk kasus kekerasan, bunuh diri, pelecehan seksual dan kehamilan diluar nikah adalah adanya kehadiran orangtua di pagi hari, sepulang sekolah, makan malam dan jam tidur.

Pada saat ada komunikasi yang baik dan dipadukan dengan aktivitas yang lain antara anak dengan orangtua, maka akan tercipta hubungan yang positif. Penelitian juga menunjukan bahwa bila seorang anak mendapatkan perhatian yang cukup dari orangtua. Adanya perasaan aman dan dicintai maka kemungkinan kecil seorang anak akan telibat dalam kekerasan dan pemberontakan.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimana Anda bisa membagi waktu dengan anak Anda sementara begitu banyaknya pekerjaan yang harus Anda lakukan. Anda harus bisa menetapkan prioritas utama Anda. Dengan begitu Anda dapat melihat bagaimana masa depan anak Anda begitu berarti bagi Anda.

Anda harus menyadari bahwa kehadiran Anda adalah hal yang sangat penting bagi anak Anda. Hal itu lebih penting daripada uang dan kemewahan yang Anda mungkin berikan untuk kebahagiaan mereka. Anak Anda adalah masa depan Anda juga. Jadi jangan pernah sia-siakan mereka. Tetapi bukan berarti mereka harus dimanjakan dan akhirnya harus bergantung penuh pada Anda. Terapkan pola asuh yang demokratis supaya anak tetap dapt mengemukakan pendapat mereka sebagai komunikasi antar anggota keluarga.

Makan bersama dapat dijadikan "ajang curhat" untuk setiap anggota keluarga dalam mengemukakan apa yang terjadi di sekolah dan pergaulan mereka. Keluarga yang baik dapat memberi dampak yang baik untuk kesehatan fisik dan mental anak Anda. Semakin anak Anda merasa dicintai dan menyenangkan berada dirumah maka akan semakin kecil kemungkinan mereka akan memberontak.

Sumber : focusonthefamily/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami