Gamelan Shokbreker Guncang Norwegia

Nasional / 22 April 2009

Kalangan Sendiri

Gamelan Shokbreker Guncang Norwegia

Tammy Official Writer
4005
Penampilan musik gamelan 'Shokbreker' yang dipadukan dengan musik jazz kontemporer oleh kelompok musik asal Indonesia dan Norwegia dikabarkan memukau pencinta musik jazz Norwegia.

Anggukan kepala dan tepuk tangan meriah penikmat musik jazz mewarnai setiap penampilan Gamelan Shokbreker pada Sami Festival di Kota Kautokeino, Norwegia Utara, yang berlangsung sejak 7 hingga 21 April, kata Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo, Febby Fahran kepada Antara London.

Dia mengatakan bahwa gamelan Shokbreker juga tampil di National Jazz Scene di gedung kesenian terkemuka di kota Oslo.

Personel Gamelan Shokbreker yang terdiri atas Patrick Shaw Iversen (composer, flutes, electronics), Peter Baden (electronics, percussion), Kenneth Ekornes (percussion) dari Norwegia, dan Ismet Ruchimat (gamelan, suling, gendang) dalam setiap penampilannya memadukan musik tradisional gamelan Indonesia dengan jazz kontemporer.

Rita Tila, vokalis dari Indonesia antara lain melantunkan lagu tradisional Jawa Barat seperti Es Lilin, dalam perpaduan alunan musik jazz dan dentingan gamelan Sunda.

Kolaborasi musisi Norwegia dan Gamelan Shokbreker ini telah terbina sejak tahun 1994 atas bantuan fasilitas dari KBRI Oslo.

Gamelan ShokbrekerMusisi dari dua negara itu mulai bekerjasama dan tampil dalam Summer Music Festival di F'rde (Norwegia Tengah) dan Oslo World Music Festival di Oslo, serta tampil di Summer Music Festival di wilayah Norwegia Selatan dan Oslo World Music Festival di Oslo sejak tahun 2006.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo Mansyur Pangeran mengatakan bahwa KBRI Oslo memfasilitasikan penampilan Ismet Ruchimat dan kelompok Gamelan Shokbreker-nya pada Sami Festival dan National Jazz Scene di Norwegia selama bulan April.

Fasilitas yang sama juga akan diberikan pada penampilan Gamelan Shokbreker di Norwegia pada Summer Festival di kota Oslo pada Agustus mendatang, ujarnya.

Wow, maju terus kesenian Indonesia. Dengan hadirnya Shokbreker di Eropa kiranya dapat membangun kesadaran Internasional dan juga kita sendiri di dalam negeri bahwa betapa kayanya kebudayaan bangsa kita, Indonesia.
Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami