Watch Your Step!!!

Kata Alkitab / 22 April 2009

Kalangan Sendiri

Watch Your Step!!!

Budhi Marpaung Official Writer
6754

"Apabila dasar-dasar dihancurkan, apakah yang dapat diperbuat oleh orang benar itu?" (Mazmur 11:3)

Hari-hari ini banyak pengikut Kristus yang tidak tersadar dengan kehidupan rohani yang dia miliki. Dia berpikir bahwa hubungannya dengan Tuhan baik-baik saja bahkan semua yang dia lakukan sudah mempermuliakan Tuhan. Namun, dia tidak sadar bahwa hidupnya terbuka bagi celah untuk Iblis datang masuk merusak apa yang telah dimiliki selama ini bersama Tuhan.

Banyaknya ajaran dan prinsip-prinsip yang sangat terbuka bagi kalangan gereja berpengaruh kepada penerimaan jemaatnya dalam melihat segala kejadian yang terjadi di dalam hidupnya. Seringkali yang terjadi adalah orang yang terlalu terbuka terhadap ajaran-ajaran yang ada mudah terperangkap oleh Iblis.

Kita harus sadar bahwa Iblis menggunakan perangkapnya kepada orang-orang percaya Tuhan Yesus bukan dengan hal-hal seperti ancaman pembunuhan, atau dikerjai hidupnya dengan menggunakan kuasa gelap, melainkan dengan hal-hal yang tidak terlalu nampak membahayakan.

Salah satu contoh di Alkitab yang masuk dalam strategi Iblis dengan cara seperti ini adalah Simson. Simson adalah orang yang dipilih dan diurapi Tuhan untuk menjadi hakim atas bangsa Israel. Dia diberikan kekuatan yang luar biasa dan musuh-musuh gentar kepadanya. Namun, dia membuka celah kepada musuhnya untuk dapat mengalahkannya yakni dengan menjadikan Delilah sebagai umpan agar Simson dapat memberitahukan rahasia kekuatannya dan Deliliah berhasil.

Dari contoh kisah diatas, kita mengerti bahwa Iblis pun akan terus mencari cara agar orang-orang yang takut akan Tuhan menjadi jatuh dan menjauh daripada Tuhan. Dalam 2 Korintus 11:14, Alkitab mencatat bahwa Iblis pun dapat menyamar sebagai malaikat terang. Hal inilah yang harus kita waspadai.

Melakukan pekerjaan Tuhan adalah baik adanya, tetapi kita harus mengerti bahwa hal ini pun dapat dijadikan senjata oleh Iblis untuk membuat orang-orang yang percaya kepada-Nya menjauh. Biasanya, jika strategi iblis berhasil mengerogoti hidupnya maka yang terjadi adalah orang-orang yang percaya dan melakukan pekerjaan Tuhan akan kehilangan kebiasaan-kebiasaan baik yang dimilikinya. Segala sesuatunya ditolerir. Bahkan, hati nuraninya yang murni pun menjadi tercemar.

Ada beberapa cara yang digunakan Iblis untuk menipu orang-orang yang percaya kepada-Nya yakni (1) roh yang padam, (2) mencintai diri sendiri, (3) prioritas hidup yang salah, (4) gaya hidup duniawi. Semua ini dilakukan Iblis untuk menghancurkan kehidupan anak-anak Tuhan.

Hal yang perlu Anda lakukan agar tidak masuk ke dalam jerat si Iblis dan menang dari hal tersebut: 

1.     Hidupilah kebenaran Tuhan dengan sungguh-sungguh. Jangan plin-plan atau ragu-ragu terhadap kebenaran Firman Tuhan yang Anda pegang. Minta Tuhan memberikan hikmat untuk setiap hal yang Anda masuki ke dalam diri Anda.

2.     Sediakanlah waktu untuk berpuasa. Puasa yang dijalankan bukanlah sekedar menahan lapar dan haus semata, tetapi juga untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga jerat-jerat Iblis tidak menjatuhkan diri Anda. 

Iblis tidak akan pernah berhenti untuk menjauhkan manusia dari Tuhan karena dia ingin setiap manusia hidup bersama-sama dia nanti dalam penghukuman kekal. Bagian Anda ketika mengetahui hal ini adalah mulai perhatikan setiap hal yang Anda dengar dan lihat baik rohani maupun duniawi agar tidak terjatuh kedalam jerat si Iblis dan dia (Iblis) dapat mengambil bagian untuk menghancurkan hidup Anda di dalam Tuhan. So, Watch Your Step !!!

Sumber : Steven Agustinus- Bahan Pengajaran Pribadi

Halaman :
1

Ikuti Kami