Royalti Buku Dongkrak Pendapatan Pribadi Obama

Nasional / 18 April 2009

Kalangan Sendiri

Royalti Buku Dongkrak Pendapatan Pribadi Obama

Budhi Marpaung Official Writer
3812

Keberhasilan Barack Obama sebagai Presiden AS ke-44 ternyata bukanlah pendongkrak keuangan dalam keluarganya. Menurut keterangan resmi Gedung Putih, Presiden Barack Obama dan Istrinya, Michelle memperoleh penghasilan yang cukup besar dari royalti penjual dua bukunya yang menjadi "best seller" pada tahun 2008 lalu.

Presiden Barack Obama dan Wakilnya, Joe Biden beserta Istri bersama-sama mengembalikan formulir pajak penghasilan mereka kepada lembaga pajak yang berwenang di Washington DC. Demikian bunyi siaran press dari Gedung Putih yang diterima AFP dan dikutip oleh Antara.

Berdasarkan formulir pajak yang diserahkan pada hari itu, Presiden Barack Obama dan Istri mempunyai pendapatan kotor 2.656.902 dolar AS dan membayar 855.323 dolar AS pajak penghasilan federal.

Selain itu, masih menurut keterangan dari Gedung Putih, Presiden Barack Obama dan Istri yang terkenal dengan kedermawanannya telah melampirkan pada laporannya mengenai sumbangan sebesar 172.050 dolar AS kepada 37 lembaga amal di negara tersebut.

Sebagai informasi, buku otobiografi Barack Obama yang berjudul " Dreams from my Father" termasuk ke dalam buku "best seller" yang bertengger selama 142 pekan semenjak dari dipubilkasikannya. Sedangkan, buku "The Audacity of Hope" yang merupakan buku manifesto politiknya banyak diminati pula oleh masyarakat Amerika Serikat sendiri maupun internasional. Hal ini terbukti dari penjualan kedua buku orang nomor satu di negara Adikuasa tersebut yang masuk kategori "best seller".  

Sumber : Antara/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami