Api Tuhan yang Memurnikan

Kata Alkitab / 13 April 2009

Kalangan Sendiri

Api Tuhan yang Memurnikan

Lestari99 Official Writer
6174
1 Petrus 4:12
Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.

Saat kesukaran-kesukaran datang mengetuk pintu atau malapetaka terjadi, beberapa orang segera berpikir mereka telah melakukan sesuatu yang salah, bahwa Tuhan pasti sedang menghukum mereka. Mereka tidak memahami bahwa Tuhan memiliki maksud ilahi untuk setiap tantangan yang datang ke dalam kehidupan kita. Ia tidak mengirim masalah-masalah, tetapi kadang-kadang Ia mengizinkan kita melalui semuanya itu.

Alkitab berkata, "Jangan terkejut karena pencobaan menyala-nyala yang sedang terjadi untuk menguji kualitasmu seolah-olah sesuatu yang aneh sedang terjadi" (lihat 1 Petrus 4:12). Perhatikanlah, pencobaan-pencobaan itu dimaksudkan untuk meguji karakter Anda, untuk menguji iman Anda. Dengan kata lain, "Jangan mengira adalah masalah yang begitu besar jika Anda melalui masa-masa sukar ini." Jika Anda mau belajar bekerja sama dengan Tuhan dan segera mengubah serta memperbaiki bidang-bidang yang Ia munculkan ke dalam terang, Anda akan melewati ujian itu dan akan dipromosikan ke suatu tingkat yang baru.

Saya telah menemukan bahwa Tuhan lebih tertarik mengubah saya dibanding mengubah keadaan-keadaan saya. Saya tidak sedang mengatakan bahwa Tuhan tidak akan mengubah keadaan-keadaan itu. Tentu saja, Ia dapat dan sering melakukannya. Tetapi sebagian besar waktu saya, saya diuji dalam bidang-bidang di mana saya paling lemah.

Tuhan sering kali menggunakan kesukaran-kesukaran untuk menyatakan ketidakmurnian dalam karakter kita, atau bidang-bidang di mana kita perlu bertumbuh. Tuhan dengan sengaja menggunakan beberapa keadaan sebagai cermin, supaya kita dapat mengenali masalah dalam diri kita dan belajar menanganinya. Ia sedang mengerjakan sesuatu dalam diri kita supaya kita dapat naik ke suatu tingkat yang baru dan menjadi orang yang benar-benar Ia inginkan.

Tuhan dapat memakai orang-orang dan keadaan-keadaan dalam kehidupan Anda untuk menolong Anda melihat diri Anda lebih baik. Suami atau isteri Anda sendiri, mertua Anda, atau anak-anak Anda sendiri mungkin menjadi cermin yang secara tidak sadar dipakai Tuhan untuk mengungkapkan bidang-bidang di mana Anda perlu berubah.

Anda mungkin dapat berkata, "Aku tidak tahan terhadap atasanku. Ia begitu menggangguku. Aku tidak tahu mengapa aku harus bekerja untuknya siang dan malam. Kapankah Tuhan akan mengubah orang itu?"

Pernahkah Anda mempertimbangkan bahwa Tuhan mungkin ingin mengubah Anda? Tuhan mungkin telah dengan segaja merencanakan bagi Anda untuk dekat dengan orang yang sangat mengganggu Anda. Ia mungkin berusaha mengajar Anda bagaimana mengasihi musuh-musih Anda. Atau, Ia mungkin sedang berusaha mempertegas Anda sedikit demi sedikit serta mengajar Anda untuk mempunyai sedikit daya tahan, bukannya melarikan diri dari segala sesuatu yang keras, tidak nyaman, atau tidak mudah.

Tuhan tidak akan mengubah siapa pun yang sedang berurusan dengan Anda sebelum Ia lebih dahulu mengubah Anda. Tetapi jika Anda mau berhenti mengeluh tentang semua orang di sekitar Anda, dan sebaliknya, mulai memandang dengan teliti ke dalam diri Anda dan bekerja bersama Tuhan untuk mengubah Anda, Tuhan akan mengubah orang lain itu. Mulailah hari ini untuk menguji hati Anda sendiri dan melihat jika ada sikap dan motivasi yang perlu Anda ubah.

Sumber : Joel Osteen - Bacaan Harian dari Your best Life Now

Halaman :
1

Ikuti Kami