Mendagri India Lolos Dari Lemparan Sepatu

Nasional / 12 April 2009

Kalangan Sendiri

Mendagri India Lolos Dari Lemparan Sepatu

Budhi Marpaung Official Writer
3251

Kasus pelemparan sepatu terhadap pejabat publik kembali terjadi. Kalau beberapa bulan lalu, publik internasional dikagetkan dengan keberanian seorang wartawan Irak yang melempari Presiden AS, George W.Bush dengan sepatu saat jumpa pers. Kali ini giliran Menteri Dalam Negeri India P. Chidambaram yang terkena peristiwa serupa dalam jumpa pers di New Delhi selasa (7/4).

Adalah seorang wartawan etnis Sikh yang melakukan pelemparan sepatu tersebut. Wartawan tersebut, Jarnail Singh, melakukan aksinya setelah Menteri dalam negeri Palaniappan Chidambaram memberikan jawaban tentang kerusuhan yang terjadi pada 1984 saat ribuan orang etnis Sikh terbunuh.

Chidambaram yang melihat kondisi di dalam ruang konferensi pers sudah tidak kondusif mencoba menenangkan orang-orang yang ada disitu.

"Tolong bawa dia pergi, dengan halus, tidak kasar, dengan halus. Tidak masalah, tolong tenang, tolong tenang," kata Chidambaram saat keributan terjadi di ruang konferensi pers.  

Singh lalu dibawa ke kantor polisi oleh petugas berpakaian preman.

Sementara itu, dalam keterangan yang dia berikan kepada salah satu stasiun televisi, Singh mengungkapkan penyesalannya karena tindakannya tersebut tetapi dia berdalih menganggap bahwa Chidambaram menghindari pertanyaan yang diajukan kepadanya mengenai alasan pembebasan pemimpin senior partai di Kongres, Jagdish Tytler yang dianggap turut terlibat dalam peristiwa kerusuhan yang menewaskan 3.000 warga Sikh.

Dalam perkembangan terbarunya, Singh telah dibebaskan pada hari itu juga oleh pihak kepolisian India setempat.

Sumber : vivanews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami