Kenali Anak Yang Berpotensi Obesitas

Psikologi / 9 April 2009

Kalangan Sendiri

Kenali Anak Yang Berpotensi Obesitas

Puji Astuti Official Writer
4641

Anak-anak yang tidak mampu untuk mengendalikan diri atau menahan diri untuk mendapatkan hadiah yang lebih besar memiliki kemungkinan mengalami obesitas. Hal ini merupakan hasil penelitian dari Lori A. Francis, Ph.D., dan Elizabet J. Susman, Ph.D., dari Univesitas Negeri Pennsylvania. Mereka melakukan tes terhadap 1.061 anak dengan rentang umur 3, 5, 7, 9, 11, dan 12 tahun.

Anak-anak yang berumur 3 tahun duduk di ruangan dengan di beri mainan selama 150 detik. Mereka yang bertahan minimal 75 detik bermain dengan mainan mereka dianggap memiliki pengendalian diri yang baik.

Pada anak-anak yang berumur 5 tahun, mereka ditawarkan sepiring kue dan permen dengan porsi kecil, namun jika bersedia menunggu selama beberapa menit akan diberi porsi yang lebih banyak. Mereka yang menunggu minimal 210 detik sebelum akhirnya menyerah dan makan porsi yang kecil itu dianggap memiliki pengendalian diri yang baik.

Dari 1061 anak yang mengikuti tes tersebut, 805 anak gagal karena tidak bisa menahan keinginan mereka. Dari mereka yang gagal itu, 29 persen anak memiliki potensi besar mengalami obesitas pada umur 29 tahun. Karena menurut peneliti, obesitas selain disebabkan oleh factor genetika, juga di sebabkan oleh pola asuh dan bagaimana mengajar anak untuk mengendalikan keinginan mereka.

Untuk itu, bagi Anda yang sudah memiliki anak dan tidak ingin buah hati Anda mengalami obesitas, perhatika pola asuh dan juga gaya hidup di rumah Anda. Jika para orang dewasa di sekitarnya makan tidak teratur, dan terbiasa dengan cemilan kapan pun mereka mau, dengan sendirinya anak-anak akan mengikuti pola hidup tersebut. Selain itu, ajarkan anak untuk mengendalikan diri dan menunda keinginannya.

Sumber : Dailyscience/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami