Menjadi Seorang Kakek

Parenting / 4 April 2009

Kalangan Sendiri

Menjadi Seorang Kakek

agnes.faith Official Writer
3165

Menurut penelitian oleh Arthur Kornhaber terdapat tiga tahap didalam hidup kita yang membuat hidup kita berubah total. Yaitu pada saat kita lahir, meninggal dan pada saat menjadi seorang kakek atau nenek.

Untuk beberapa pria, menjadi seorang kakek adalah saat paling membahagiakan dalam hidup mereka. Bermain bola dengan cucu, jalan-jalan, membaca buku, dll. Hal ini dapat membuat seorang kakek merasa menjadi orang yang paling bahagia di dunia.

Yang membuat seorang pria bahagia adalah karena menjadi seorang kakek jauh berbeda dengan menjadi seorang ayah. Lebih bayak kebebasan yang ia dapat tetapi lebih sedikit tanggungjawab yang ia emban. Tidak kuatir untuk membayar tagihan, kelakuan dari cucu, atau urusan rumah tangga. Yang harus Anda lakukan adalah mencintai cucu Anda.

Terdapat dua hal yang berbeda dalam tahap ini. Refleksi adalah tahap dimana seorang ayah memiliki anak yang sudah dewasa tetapi belum memiliki cucu dan generatiity untuk mereka yang sudah menjadi kakek.

Refleksi adalah saat dimana seorang ayah mengintrospeksi dirinya dan mengevaluasi yang sudah terjadi. Kesempatan apa yang sudah terlewat? Apakah harus melakuakn hal yang bebeda? Apakah ini sudah terlambat untuk memperbaiki segala sesuatu? Hanya Anda yang dapat menjawabnya.

Seorang anak yang keluar dari rumahnya dapat membuat rumah menjadi sepi dan sunyi, bukan hanya secara fisik karena tidak ada lagi anak dirumah tetapi ada perasaan kesepian bagi orangtua. Bila hal itu dialamai karena seorang ayah yang sibuk dengan kegiatannya sendiri, maka saat refleksi adalah saat yang menyedihkan untuk Anda.

Itulah alasan mengapa menjadi seorang kakek itu adalah hal yang luar biasa. Pada saat Anda berpikir tentang masa lalu, seorang cucu justru akan membawa Anda melihat kedepan. Cucu akan mengembalikan harapan-harapan yang pupus. Bila seorang ayah pernah melakukan kesalahan di masa lalu, saat ini Anda dapat merencanakan memberikan sesuatu yang positif untuk generasi berikutnya.

Jadi apapun yang sudah Anda lakukan sebagai seorang ayah, inilah saatnya Anda berpikir kedepan. Lihat masa yang akan datang bahwa Anda akan memulai sesuatu yang luar biasa, yaitu menjadi seorang kakek.

Sumber : Fathers.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami