Ngobrol Dengan Diri Sendiri Yuk....

Psikologi / 2 April 2009

Kalangan Sendiri

Ngobrol Dengan Diri Sendiri Yuk....

Puji Astuti Official Writer
5561

Banyak orang tidak sadar bahwa dirinya sering ngobrol dengan diri sendiri, namun yang sering jadi bahan obrolan adalah hal-hal negatif. Seperti saat seseorang melakukan kesalahan, dia akan berkali-kali mengatakan pada dirinya sendiri, "Dasar bodoh..bodoh..bodoh..." dengan penuh kekesalan.

Jarang sekali seseorang bicara hal-hal positif dengan dirinya sendiri apa lagi saat sedang menghadapi sesuatu yang kurang menyenangkan. Hal-hal negatif yang dikatakan pada diri sendiri akan berdampak buruk, melemahkan semangat, semakin sedih dan membuat orang melakukan lebih banyak kesalahan.

Untuk itu, mari merubah kebiasaan mengatakan sesuatu yang negative pada diri sendiri. Mulailah mengatakan hal-hal positif sekalipun pada masa-masa sulit, contohnya adalah seperti ini:

Jika Anda menghadapi sebuah tantangan baru...

Dari pada mengatakan pada diri Anda bahwa hal itu "Sulit," bukankah lebih baik mengatakan bahwa, "Ini adalah kesempatan untuk belajar hal baru." Dengan melihat bahwa ini adalah sebuah kesempatan untuk belajar, Anda akan lebih bersemangat, termotivasi, dan memberi rangsangan bagi pikiran Anda untuk melihat kesempatan-kesempatan yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan.

Jika Anda sedang merasa tidak sanggup menghadapi sesuatu...

Ingatlah kembali pengalaman-pengalaman Anda dimasa lalu, Anda sudah melewati berbagai masa sulit, dan semua itu berhasil Anda lewati dengan baik. Ingatlah bagaimana Tuhan menolong Anda di masa-masa sulit itu, dengan melakukan hal ini, akan tumbuh kepercayaan dalam hati Anda bahwa kali ini Tuhan pun pasti akan memberikan pertolongan bagi Anda. Jangan patah semangat, apapun yang terjadi dalam hidup Anda. Jangan berdiam diri dan mengasihani diri saja. Lakukanlah apa yang harus Anda kerjakan, dan pada waktunya, Anda akan seperti menemukan sebuah jalan ditengah padang belantara. Sebuah jalan terbuka bagi permasalahan Anda.

Saat masa sulit menghampiri, katakan pada diri Anda "Aku bisa..!"

Dalam kehidupan ini, hal-hal yang paling sulit hanya bisa ditaklukan dengan kegigihan. Untuk itu, kemampuan Anda untuk terus maju adalah satu-satunya cara Anda menang dalam menaklukan masa sulit. Katakan pada diri Anda sendiri "Aku bisa...!"  Jangan katakan hal yang melemahkan diri sendiri. Katakan "Bersemangat..! Bersukacita..!"

Hal-hal positif akan mengikuti kata-kata dan sikap positif Anda, demikian juga hal-hal negative. Karena sikap akan membentuk dan mengarahkan tindakan Anda. Untuk itu, ingatlah untuk selalu mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri. Yuk, ngobrol dengan diri sendiri, tapi yang positif ya..."

Sumber : Health/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami