Tips Membeli Rumah Bekas

Investment / 2 April 2009

Kalangan Sendiri

Tips Membeli Rumah Bekas

Lestari99 Official Writer
3402

Membeli rumah baru dengan rumah bekas atau rumah second jelas membutuhkan perlakuan yang berbeda. Berikut ini tips yang bisa Anda gunakan sebelum membeli rumah bekas:

1. Periksa kondisi bangunan

Ada baiknya Anda mengajak orang yang dipercaya dan mengerti tentang kondisi rumah, seperti kontraktor atau arsitek untuk memeriksa pondasi dan struktur bangunan lantai dan atap. Jika tidak ada teman yang bisa membantu, setidaknya Anda perlu memeriksa:

- Kondisi fisik bangunan

Apakah ada dinding yang retak, apa ada bekas air di atas dinding yang horisontal, adakah keretakan vertikal, atau tanda-tanda serangan rayap yang dilihat dari gundukan kecil tanah di sudut-sudut rumah dan kondisi kayu-kayu.

- Daya dan distribusi kabel listrik.

Periksa apakah segel meteran masih baik karena jika tidak, Anda bisa terkena denda oleh PLN.

- Sirkulasi udara di setiap ruangan, termasuk intensitas cahaya.

Ruangan yang kurang cahaya akan cepat lembab, berjamur dan menimbulkan bau sehingga tidak baik bagi kesehatan keluarga Anda.

- Sumber air

Ketahui letak sumur dan jalur pipa air. Yang paling baik, jarak dari pipa air dengan septic tank minimal 10 m2. Periksa juga jalur gas dan jalur pembuangan sisa rumah tangga.

- Usia bangunan

Tanyakan juga kapan terakhir dilakukan renovasi. Jika memungkinkan, minta denah rumah. Gunanya untuk memudahkan Anda melakukan manajemen ruang dan penempatan perabotan kelak.

2. Periksa status kepemilikan

Perhatikan betul nama yang tercantum di sertifikat dan apa hubungannya dengan penjual. Ketahui juga alasan pemilik menjual rumahnya dan berapa banyak ahli waris pemilik sah rumah tersebut. Tak kalah penting adalah sertifikat IMB. Periksa apakah luas bangunan sama dengan yang tertera di sertifikat PBB dan IMB.

3. Periksa harga

Cari data sebanyak-banyaknya mengenai harga pasaran rumah yang Anda taksir, pertimbangkan juga sisa investasi jika suatu saat Anda berniat menjual kembali rumah tersebut.

Jika Anda sudah yakin dengan segala kriteria yang Anda inginkan dengan kondisi rumah yang masih layak tinggal, sudah waktunya bagi Anda memboyong orang-orang yang Anda kasihi ke rumah yang baru. Selamat hunting dan semoga Anda menemukan rumah impian Anda.

Sumber : kumpulantipspilihan
Halaman :
1

Ikuti Kami