agnes.faith

Official Writer
5431


Masa remaja adalah saatnya membangun identitas diri dan kepercayaan diri. Jika pada usia itu mereka harus menyesuaikan diri dengan ayah tiri maka akan menjadi hal yang sulit untuk beradaptasi. Masalah yang mungkin akan Anda alami adalah konflik antara Anda dengan anak tiri Anda dan perasaan mereka terhadap Anda, ketidaknyamanan anak tiri Anda dengan keluarga baru, dan bahkan Anda harus berusaha diterima oleh keluarga baru Anda.

Permasalahan bukan terjadi karena mereka anak tiri tetapi memang karena remaja adalah usia yang rentan. Mereka menganggap tindakan mereka adalah hal yang benara walaupun sebenarnya hal itu adalah terlihat aneh, bodoh dan berbahaya.

Jangan terlalu berharap dan tetap bersabar

Mungkin anak tiri Anda tidak ingin berbagi tentang kebahagiaan keluarga tiri. Mereka mungkin tidak akan percaya pada Anda. Mungkin juga mereka sengaja membedakan keinginan, nilai dan kebiasaannya dari Anda. Jangan kecewa terhadap mereka. Karena mereka bukan milik Anda, Anda tidak membesarkan mereka.

Beberapa ayah tiri yang sukses dengan proses ini selalu memulainya dengan perlahan tapi pasti. Jangan terlalu berharap banyak, lakukan saja apa yang perlu dan sediakan waktu Anda untuk mereka. Tidak perlu menghakimi mereka dan berpikiran terbuka.

Fleksibel

Buat dan laksankan aturan yang dibuat adalah hal yang sulit. Jangan menjadi ayah tiri yang otoriter untuk dapat diterima oleh anak tiri. Anda harus bisa memenangkan hati anak Anda supaya mereka bisa menghargai Anda. Tunjukkan pada mereka mengapa mereka harus mendengarkan Anda. Sabar, memaafkan kesalahan, baik dan sopan. Hargai setiap keinginan, kegemaran dan pendapat anak tiri Anda. Terutama privacy mereka.

Jadilah diri sendiri

Kesalahan terbesar ayah tiri adalah ingin menjadi pengganti ayah kandung dari anak-anak. Tidak perlu membicarakan ayah kandung mereka dan membanding-bandingkan dengan diri Anda. Hal ini justru akan membuat anak menjadi lebih tidak percaya diri disaat-saat mereka sedang rapuh. Fokuslah dengan membangun hubungan yang sehat dengan anak tiri Anda misalnya coba dekati ia dengan melakukan hobinya bersama dengan Anda.

Sense of humor

Seringkali humor adalah senjata pamungkas untuk orangtua dapat mejadi lebih dekat dengan anak-anak mereka, termasuk anak tiri. Bila saatnya serius boleh Anda serius tetapi bila saat Anda ada waktu untuk berbicara santai dengan anak tiri Anda, cobalah menonton film lucu dan nikmati bersama atau ceritakanlah penglaman atau cerita lucu pada anak tiri Anda.

Perjuangan Anda tidak akan pernah berakhir karena Anda akan menemui banyak tantangan. Tetapi cobalah untuk tetap menjadi yang terbaik untuk anak Anda dan jangan pernah menggap mereka adalah anak tiri Anda. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda layak disebut sebagai seorang ayah.

Sumber : Fathers.com/agn


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7269

advertise with us