Menlu AS Keluarkan Pernyataan Mengejutkan Soal Narkoba

Nasional / 29 March 2009

Kalangan Sendiri

Menlu AS Keluarkan Pernyataan Mengejutkan Soal Narkoba

Budhi Marpaung Official Writer
4391

Peredaran Narkoba yang makin hari makin marak terjadi di Meksiko diakui oleh Menlu Hillary Clinton sebagai kesalahan Amerika Serikat yang tidak mampu mengontrol penyelundupan senjata dan penggunaan narkoba oleh warga AS. Hal ini diutarakan Menlu AS dalam kunjungannya selama dua hari ke Meksiko Rabu lalu (25/3).

Kunjungan Menlu Hillary dilakukan dalam rangka kerjasama melawan kekerasan narkoba yang terjadi di Meksiko dan rencana AS meningkatkan keamanan di perbatasan. Mexico City merupakan salah satu kota penghasil dan pemasok narkoba untuk negara Amerika Serikat.

Sementara itu, Presiden berkuasa di Meksiko saat ini, Felipe Calderon menyambut baik pernyataan Menlu Hillary. Presiden Felipe mengatakan bahwa negaranya (Meksiko, red) saat ini sedang didera perang narkoba. Tahun lalu, ada sekitar 6.500 orang yang tewas terkait perdagangan narkoba.

Sementara itu, Pemerintah Amerika Serikat merencanakan mengeluarkan dana sebanyak 184 juta dollar AS untuk merealisasikan program kerjasama dengan Pemerintah Meksiko. Tidak hanya itu, AS akan mengupayakan tambahan bantuan 80 juta dollar AS untuk membantu Meksiko membeli dua helikopter Black Hawk.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami