Tidur Siang Anak Anda

Parenting / 28 March 2009

Kalangan Sendiri

Tidur Siang Anak Anda

agnes.faith Official Writer
2565

Membawa bayi di mobil supaya ia tertidur rasanya hal yang sering dilakukan orangtua. Pada dasarnya bayi sangat menyukai tidur dalam keadaan bergerak, misalnya di dalam mobil, kereta dorong, gendongan ibu atau ayunan. Bila hal ini dibiasakan akan membuat bayi menjadi manja dan ingin selalu tidur dengan keadaan itu. Pada saat dibawa berkeliling kompleks dengan mobil, mungkin Anda perlu waktu kurang lebih 45 menit supaya bayi Anda benar-benar terlelap baru And adapt memindahkan bayi Anda ketempat tidurnya.

Anda dapat mengenali kapan waktunya bayi Anda butuh tidur siang. Bila ia sudah mulai mengusap-usap matanya itu adalah tanda awalnya. Lalu mungkin bayi Anda akan menguap dan merengek. Jarak antara tanda-tanda itu sampai ia terlelap adalah sekitar 30 menit. Bila Anda tidak menangkap sinyal dari bayi Anda, ada kemungkinan bayi Anda akan sangat gelisah dan semakin merengek.

Bila bayi Anda tertidur melebihi jam tidur biasanya tidak perlu dibangunkan, karena mereka tubuhnya sudah mengetahui apa yang dibutuhkan. Mungkin bayi Anda akan tidur lebih larut dari biasanya karena mereka butuh waktu sampai mereka merasa lelah lagi dan tidur. Bila hal ini terjadi sesekali, mungkin tidak akan menjadi masalah. Tetapi bila hal ini mulai sering terjadi, cobalah bangunkan anak Anda lebih awal supaya jam tidur siang dan malamnya pas.

Bila bayi Anda susah untuk tidur siang, maka jalankan kembali strategi diatas sebagai senjata pamungkas Anda dan biarkan anak beristirahat supaya ia mendapatkan kembali tenaganya untuk bermain dan belajar banyak hal setelah bangun tidur. Bila tiba-tiba anak Anda terbangun dan merengek, cobalah gendong dan bujuk ia. Bisa dengan nyanyian-nyanyian untuk menenangkannya atau dengan susu.

Sumber : Parenting.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami